Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danau Teratai Rana Tonjong di Manggarai Timur Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

Kompas.com - 31/10/2018, 22:35 WIB
Markus Makur,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Danai teratai atau lotus terbesar kedua di dunia, Danau Rana Tonjong, di Pota, Kecamatan Sambirampas, Kab. Manggarai Timur, Flores, NTT, mengalami kebakaran.

Sayangnya, kebakaran tersebut diketahui aparat dari unggahan media sosial masyarakat yang marah lantaran kejadian kebakaran sejak Selasa (30/10/2018) belum mendapatkan penanganan. 

Petugas yang dihubungi Kompas.com juga belum tahu apa penyebab terbakarnya danau unik dengan teratai raksasanya yang jadi objek wisata andalan Flores ini.

"Kami sudah mendapatkan laporan dan informasi dari anggota polisi sektor Pota tentang kebakaran danau teratai Rana Tonjong," jelas Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Manggarai Ipda Daniel Jihu saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (31/10/2018) malam.

"Anggota sedang mengumpulkan data dan informasi penyebab kebakaran obyek wisata danau Rana Tonjong," lanjutnya.

Baca juga: 21 Rumah Adat di Ende Terbakar

Sebagai informasi, Danau Rana Tonjong yang terletak di Desa Nanga Mbeling, Kecamatan Sambi Rampas, sekitar 3 kilometer utara Pota. Danau ini memiliki luas 2.200 kilometer persegi, berada di sebuah dataran rendah yang dikelilingi perbukitan.

Seluruh permukaan danau ditumbuhi bunga teratai raksasa/giant lotus (Victoria amazonica) atau tonjong dalam bahasa setempat.

Bunga teratai itu hanya berbunga sekali setahun pada bulan April dan Mei.

Di dalam bunga yang sudah mekar terdapat biji-bijian yang dapat dimakan mentah dan memiliki rasa seperti kacang tanah.

Namun, bunga teratai ini tidak dapat tumbuh dan berbunga di tempat lain selain danau itu. Rana Tonjong menjadi habitat bagi ikan air tawar, katak, dan tempat mencari makan bagi burung angsa putih.

Baca juga: Di Balik Kebakaran Gililawa Darat, dari Kecaman hingga Puntung Rokok

Kebakaran pada objek wisata tersebut tentunya jadi pukulan pariwisata bagi Flores, NTT.

Sebab sebelumnya, terdapat sejumlah kejadian kebakaran yang melanda wilayah Flores. Yakni mulai dari terbakarnya kawasan Gililawa Darat di dalam Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat.

Kemudian, terbakarnya Kampung adat Gurusina, Kabupaten Ngada. Lantas dan beberapa waktu lalu juga terjadi kebakaran kampung adat Nggela di Kampung Ende. Belum lagi sejumlah kampung adat di Pulau Sumba yang mengalami kebakaran selama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com