Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fakta Baru Kecelakaan Lion Air JT 610, Radius Pencarian Diperluas hingga Nelayan Lihat Pesawat Terbang Miring

Kompas.com - 31/10/2018, 05:53 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Memasuki hari ketiga pasca-kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, tim SAR gabungan belum menemukan tanda-tanda keberadaan badan pesawat.

Sementara itu, radius pencarian korban dan badan pesawat akan diperluas menjadi 15 mil laut.

Seorang nelayan di perairan Tanjung Karawang mengaku melihat pesawat Lion Air JT 610 terbang di atasnya sebelum terjadi kecelakaan. 

Berikut ini fakta baru kecelakaan pesawat di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

1. Badan pesawat masih belum terlacak

Proses pencarian korban dan badan pesawat Lion Air JT-610 yang dilakukan tim Polairud Mabes Polri, di perairan Karawang, Jawa Barat, Selasa (30/10/2018).KOMPAS.com/Devina Halim Proses pencarian korban dan badan pesawat Lion Air JT-610 yang dilakukan tim Polairud Mabes Polri, di perairan Karawang, Jawa Barat, Selasa (30/10/2018).

Menurut Deputi Operasional Basarnas Nugroho Budi Wiryanto, Basarnas tak mau berspekulasi terkait kondisi pesawat sehingga sulit ditemukan oleh tim SAR gabungan.

"Kami tidak mau berandai-andai dulu (pesawat pecah berkeping-keping)," ujar Nugroho, dalam konferensi pers di Kantor Basarnas, Jakarta, Selasa.

Menurut Nugroho, yang terpenting saat ini adalah tim pencarian terus bekerja mencari badan pesawat Lion Air JT 610.

"Saat ini yang penting kami mencari dulu. Tugas pokok kami (Basarnas) yakni mencari dan mengevakuasi. Oleh sebab itu, kami akan memastikan dengan alat yang kami punya," kata dia.

Baca Juga: Basarnas Belum Pastikan Kondisi Badan Pesawat hingga Sulit Ditemukan 

2. Radius pencarian diperluas menjadi 15 mil laut

Tim gabungan melakukan pencarian korban dan puing pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang yang  jatuh di perairan Karawang, Selasa (30/10/2018). KOMPAS.com/ FARIDA FARHAN Tim gabungan melakukan pencarian korban dan puing pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Karawang, Selasa (30/10/2018).

Tim SAR akan menambah luas wilayah pencarian korban dan badan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10/2018).

Rencananya, mulai hari Rabu (31/10/2018) atau pencarian hari ke-3, tim SAR akan menambah jangkauan seluas 15 mil laut dari lokasi awal.

"Besok kami akan melebarkan radius kami menjadi 15 nautical mile (mil laut)," ujar Deputi Operasional Basarnas Nugroho Budi dalam jumpa pers di Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018).

Pada hari pertama, pencarian difokuskan pada radius 5 mil laut dari titik awal yang diduga lokasi jatuhnya pesawat. Kemudian, pada hari kedua, Selasa, pencarian diperluas menjadi 10 mil laut.

Menurut Nugroho, diharapkan perluasan lokasi pencarian dapat memaksimalkan upaya evakuasi korban dan badan pesawat. Salah satunya untuk menemukan kotak hitam pesawat.

Baca Juga: Hari ke-3, Lokasi Pencarian Lion Air JT 610 Akan Diperluas Jadi 15 Mil Laut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com