Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Kekeringan di Magetan Meluas, 5.000 Warga Kesulitan Air Bersih

Kompas.com - 29/10/2018, 19:41 WIB
Sukoco,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com – Belum turunnya hujan berdampak pada kekeringan di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kekeringan di wilayah tersebut tercatat semakin meluas.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan Fery Yoga mengatakan, kekeringan tersebut berdampak pada 5.000 waga di Kecamatan Karas dan Kecamatan Parang. Warga kekurangan air bersih. 

Jumlah warga terdampak naik dari data sebelumnya, sebanyak 3.000 jiwa.

“Di Kecamatan Karas (kekeringan) bertambah 3 dusun, sementara di Kecamatan Parang, kekeringan terjadi di Desa Sayutan,” ujarnya Senin (29/10/2018).

Baca juga: Kritis Seminggu, Pengemudi CRV Yang Terguling di Magetan Meninggal

Akibat belum turunnya hujan sejumlah sumur warga di Kecamatan Karas mengalami kekeringan.

Untuk mengatasi kesulitan warga terhadap kebutuhan air bersih, Pemerintah Kabupaten Magetan kemudian melakukan dropping air dengan menggunakan mobil tangki.

“Pembagian air bersih di dukuh Sidorejo Janglengan menggunakan tandon sebanyak 2 buah dan penampungan dari terpal-terpal 5 buah,” imbuh Fery.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, Kabupaten Magetan diperkirakan baru akan diguyur hujan pada pertengahan bulan November.

Baca juga: Gelembungkan Dana Desa, Kepala Desa di Magetan Terancam 20 Tahun Penjara

 

Musim kemarau selain menimbulkan kekeringan juga membuat intensitas kebakaran lahan dan hutan juga mengalami peningkatan.

“Kita imbau warga tidak melakukan pembakaran lahan, mengingat musim kemarau sangat rentan membuat kebakaran meluas,” ucap Fery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com