Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 BERITA POPULER NUSANTARA: Erick Mundur dari Inter Milan hingga Perusakan Kantor NU

Kompas.com - 29/10/2018, 05:23 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keputusan Erick Thohir untuk mundur dari kursi Presiden klub Internazionale Milano menjadi berita trending akhir pekan lalu di Kompas.com. Alasan kemunduran Erick adalah agar ia fokus menjadi ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf. 

Selain itu, kisah seorang pemuda yang begitu terenyuh melihat banyak anak putus sekolah di desanya dan rela melepaskan profesinya sebagai pegawai Bappenas di Jakarta juga menyedot perhatian banyak pembaca Kompas.com. Hasan mendirikan Kampung Pendidikan bagi para anak putus sekolah tersebut. 

Kemudian banyak pembaca juga mengikuti fakta di balik protes kelompok Fans Gombloh terhadap Sandiaga Uno ketika berziarah di makam "sang legenda" Gombloh di Surabaya. 

Berikut ini secara lengkap 5 berita populer Nusantara.

1. Erick Mundur dari Presiden Inter Milan

Erick Thohir Erick Thohir

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden 2019, Erick Thohir, resmi mundur sebagai Presiden klub elit di Italia, Inter Milan.

Erick Thohir ingin fokus menjalankan tugas sebagai Ketua TKN pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Saya mengundurkan diri sebagai presiden sepak bola Inter Milan. Karena (jabatan ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin) ini amanah yang diserahkan partai koalisi, oleh Presiden Jokowi dan KH Ma'ruf Amin kepada saya," ucap Erick Tohir, di Surabaya, Sabtu (27/10/2018).

Taktik dunia sepak bola tak beda jauh dengan dunia politik.

Baca berita selengkapnya: Ingin Fokus Menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir Mundur sebagai Presiden Inter Milan

2. Pelempar gereja dan kantor NU di Magelang ditangkap polisi

NA (44) pelaku perusakan Kantor Nahdliyin Center, Gereja, SMK Kristen dan Kantor DPC PDIP di Kabupaten Magelang, ditangkap aparat Polres Magelang, Minggu (28/10/2018).KOMPAS.com/IKA FITRIANA NA (44) pelaku perusakan Kantor Nahdliyin Center, Gereja, SMK Kristen dan Kantor DPC PDIP di Kabupaten Magelang, ditangkap aparat Polres Magelang, Minggu (28/10/2018).

Pelaku perusakan kantor Nahdliyin Center di Kecamatan Salam dan sejumlah gereja serta sekolah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akhirnya diringkus petugas Kepolisian Resor (Polres) Magelang.

Pelakunya adalah NA (44), warga Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

Kepala Polres Magelang AKBP Hari Purnomo menuturkan, NA telah ditetapkan sebagai tersangka sejak diringkus, Sabtu (27/10/2018) petang.

"Tersangka kami tangkap saat dia dalam perjalanan pulang ke rumahnya di kawasan Salam, Sabtu petang," kata Hari, dalam keterangan pers di Mapolres Magelang, Minggu (28/10/2018).

Baca berita selengkapnya: Pria Ini Ditangkap Polisi karena Rusak Kantor NU dan Gereja

3. Di balik protes Fans Gombloh ke Sandiaga Uno

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 saat ditemui di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (27/10/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Calon Wakil Presiden nomor urut 02 saat ditemui di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (27/10/2018).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com