Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Perbaikan Proses Seleksi, Pemilihan Rektor Unpad Ditunda

Kompas.com - 27/10/2018, 23:17 WIB
Agie Permadi,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemilihan Rektor Universitas Padjajaran (Unpad) periode 2019 - 2024 ditunda, lantaran ada beberapa perbaikan dari proses seleksi penetapan pemilihan rektor Unpad.

Awalnya, penetapan rektor akan dilakukan Sabtu (27/10/2018). Namun, Majelis Wali Amanat (MWA) menilai perlu adanya pengkajian ulang beberapa perbaikan proses seleksi tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Majelis Wali Amanat (WMA) Rudiantara, di Gedung Magister Manajemen Unpad, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/10/2018).

Baca juga: Isu SARA hingga KDRT Warnai Pemilihan Rektor Unpad, Ini Kata Menristek Dikti

"Pertama kami sampaikan bahwa dalam proses ini sampai dengan tadi rapat pleno ada dinamika dari proses pemilihan rektor ini. Dinamika ini kami sikapi dengan kemungkinan harus melakukan beberapa perbaikan dari proses," kata Rudiantara.

Perbaikan proses ini dilakukan untuk menerapkan good governance, suatu proses yang transparan, dan adil.

"Proses transparan dan adil ini bukan hanya kepada calon rektor yang mendaftar, tapi juga pada yang melakukan proses itu sendiri dalam hal ini panitia pemilihan rektor," pungkasnya.

Dengan adanya pengkajian kembali dari proses pemilihan rektor ini, kata Rudiantara, tidak menutup kemungkinan akan ada perubahan dalam proses tersebut, termasuk 5 calon rektor yang gagal dalam tahapan seleksi sebelumnya.

"Karena ada review dari proses mungkin akan ada perubahan proses. Nah sekarang sedang dilakukan review atas proses itu sendiri berdasarkan masukan dari stakeholder utama," katanya.

Adapun pengunduran ini pun tidak menyalahi aturan. Berdasarkan Statuta Unpad PP 51, penetapan rektor paling lambat tiga bulan sebelum masa jabatan periode rektor saat ini berakhir.

Seperti diketahui, masa jabatan rektor periode 2014-2019, akan berakhir 13 April 2019. Adapun pengkajian ulang akan dilakukan MWA selama kurang lebih dua minggu.

"Nanti kami lihat lagi sampai sejauh mana, kami masih punya waktu yang panjang karena berdasarkan statuta dari Unpad PP 51, paling lambat kami ini menetapkan rektor 3 bulan sebelum masa berakhirnya masa jabatan," tuturnya.

Meski begitu, Rudiantara menjamin perubahan proses seleksi pemilihan rektor ini pun tidak akan dilakukan dari awal.

"Kami belum pastikan sejauh mana, tapi kami pastikan tidak dari nol, seperti penjaringan. Kami ingin selesai sesuai waktu yang telah ditetapkan paling lambat 13 Januari," katanya.

Kompas TV Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menggelar festival budaya di kampus Unpad, Jatinangor, Sumedang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com