Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkendala Teknis, Tes Seleksi CPNS di Kota Malang Molor

Kompas.com - 26/10/2018, 15:06 WIB
Andi Hartik,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Malang molor, Jumat (26/10/2018). Tes yang bertempat di SMKN 2 Kota Malang itu baru dimulai pukul 9.30 WIB. Padahal sesuai jadwal, tes gelombang pertama sesi 1 itu harusnya dimulai pada pukul 8.00 WIB.

Koordinator Tes CPNS Zona Malang, Suksesti Sugiarti mengatakan, molornya pelaksanaan tes itu disebabkan oleh kendala teknis. Semua perangkat sistem Computer Assisted Test (CAT) yang harusnya sudah siap masih terkendala.

"Jadi molornya tadi sebetulnya kami juga minta maaf karena itu ada proses setting dari jaringan dan sebagainya. Termasuk koneksi untuk wifi-nya dan sebagainya dan alhamdulillah tadi sudah disepekati teman - teman untuk sabar menunggu setelah selesai,  boleh tes sesuai dengan sesi pertama," katanya.

Baca juga: Sudah Datang Jauh-jauh, Enggak Jadi Tes CPNS...

Dengan demikian, jadwal tes untuk hari ini diundur semua. Tes sesi 5 yang menjadi sesi terkahir gelombang pertama dijadwalkan akan berakhir pada pukul 21.00 WIB.

"Seyogyanya tadi kan jam 8.00 WIB. Tadi mulai sekitar setengah 10. Akhirnya jadwal tes berikutnya mengikuti tapi untuk hari ini saja," katanya.

Suksesti mengatakan, keterlambatan jadwal itu bukan karena panitia lokal tes. Melainkan karena vendor atau penyedia peralatan tes itu yang belum siap secara keseluruhan saat jadwal tes sudah tiba.

"Tadi dari vendornya waktu memasang. Tapi mungkin pengelola dari vendornya, walaupun sudah semalam suntuk mempersiapkan, tadi selesai jam 6. Terus kita siapkan semuanya. Jadi itu vendor bukan kami," katanya.

Baca juga: Tes Seleksi CPNS BKN di Titik Bale Kota Tasikmalaya Bermasalah

Sementara itu, setiap sesi tes diikuti oleh 210 peserta. Tes itu akan berlangsung selama 22 hari kedepan.

Jumlah peserta tes CPNS di Kota Malang sebanyak 30.325 orang. Mereka berasal dari Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Blitar dan Kota Blitar.

Peserta CPNS dari Kota Malang sebanyak 3.774 orang, Kabupaten Malang sebanyak 5.199 orang dan Kota Batu berjumlah 2.682 orang.

Sedangkan dari Kabupaten Blitar sebanyak 7.225 orang, Kota Blitar sebanyak 3.474 orang, Kabupaten Pasuruan sebanyak 5.301 orang dan Kota Pasuruan sebanyak 2.670 orang.

Baca juga: Tes Seleksi CPNS di Yogyakarta Ditunda karena Terkendala Masalah Teknis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com