Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sudah Datang Jauh-jauh, Enggak Jadi Tes CPNS..."

Kompas.com - 26/10/2018, 14:35 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota Magelang di Gedung Wiworo Wiji Pilinih, Kota Magelang, Jawa Tengah, terpaksa ditunda akibat kendala teknis.

Ratusan peserta yang sudah menunggu dan bersiap memasuki gedung sejak pukul 07.00 WIB akhirnya membubarkan diri.

Koordinator Tim Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Kantor Regional I Yogyakarta, Suratini menjelaskan penundaan tes CPNS disebabkan ada masalah yang terjadi pada teknis IT.

"Ada kendala teknis IT diluar kemampuan kami. Akhirnya kami putuskan untuk menunda pelaksaan tes CPNS hari ini," jelas Suratini, Jumat (26/10/2018).

Baca juga: Tes Seleksi CPNS BKN di Titik Bale Kota Tasikmalaya Bermasalah

Dia mengaku, panitia telah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum tes CPNS dilaksanakan. Bahkan 3 hari sebelum hari H panitia sudah berada di lokasi.

Namun tiba-tiba beberapa menit sebelum tes dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB ada kendala yang tidak bisa diatasi oleh tim IT.

"Kendala bukan pada jaringan/server, tapi dari tim teknisi IT (pihak ketiga), yang tahu detailnya mereka," ungkap Suratini.

Akibat kondisi ini, maka panitia memutuskan untuk menunda pelaksanaan tes berbasis CAT ini. Jadwal yang semula Jumat-Sabtu, 26-27 Oktober 2018 ditunda menjadi 15-16 November 2018. Sedangkan untuk jadwal tes Minggu, 28 Oktober 2018, tetap akan dilaksanakan.

"Pelaksanaan tes dijadwalkan 3 hari, yang ditunda hari pertama dan kedua (Jumat dan Sabtu). Sedangkan hari terakhir (Minggu) tidak berubah. Ini jadi pembelajaran bagi kami, sejauh ini kami sudah memberikan pelayanan yang terbaik," tutur Suratini.

Baca juga: Tes Seleksi CPNS di Yogyakarta Ditunda karena Terkendala Masalah Teknis

Pelaksaan tes CPNS hari pertama dan kedua dikhususkan untuk para pendaftar formasi CPNS di Pemerintah Kota Magelang. Sedangkan hari terakhir untuk pendaftar formasi CPNS Pemkab Purworejo.

Tes CPNS pada Jumat-Sabtu, 26-28 Oktober 2018, yang dipusatkan di Kota Magelang diikuti oleh sebanyak 3.510 orang peserta, untuk wilayah eks-karesidenan Kedu (Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo) dan Banjarnegara.

"Hari Jumat dibagi 3 sesi, sedangkan hari Sabtu dan Minggu dibagi 5 sesi, masing-masing sesi 270 orang peserta," imbuh Suratini.

Kecewa

Salah satu peserta tes CPNS Darti Oktaviani asal Bekasi, Jawa Barat, mengaku kecewa dengan penundaan jadwal ini. Pasalnya Darti sudah jauh datang ke Kota Magelang dari Bekasi, Jawa Barat.

“Terus terang, saya kecewa dengan pengunduran jadwal tes ini. Karena saya jauh-jauh dari Bekasi. Sudah datang lebih awal juga," ungkap Darti.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com