Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Istri dan Anak FX Ong Tak Melawan Saat Ditembak? Ini Penjelasan Kapolda Sumsel

Kompas.com - 26/10/2018, 14:19 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com -  Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, hasil olah TKP dikediaman Fransiskus Xaverius (FX) Ong (45) sangat rapih hingga akhirnya kasus bunuh diri satu keluarga itu terungkap.

Kondisi ketiga jenazah yakni Margaret Yetin Liana (43) Rafael Fransiskus (18) dan Kathlyn Fransiskus (11) pun hanya berada di atas tempat tidur dan terlihat tanpa adanya perlawanan ketika kepala mereka ditembak oleh FX Ong.

“Penjelasan dokter forensik ternyata, jika seseorang langsung diserang di bagian kepala dan mengenai otak akan langsung lumpuh dan tidak bisa memberontak, karena respon otak begitu cepat,”kata Zulkarnain, Jumat (26/10/2018).

Zulkarnain menjelaskan, berbeda halnya jika FX Ong lebih dulu menyerang jantung istri dan anaknya. Dimana respon itu akan sampai ke otak hingga terjadinya perlawanan seperti mencoba kabur ataupun lari sempoyongan.

Baca juga: BERITA POPULER NUSANTARA: Mengungkap Tragedi Keluarga Ong hingga Hasil Visum Mahasiswi Asal Blora

“Misalnya dia menyerang jantung, dan ternyata tidak kena otomatis istri dan anaknya akan terbangun dan melakukan perlawanan. Atau lari sempoyongan, nabrak, tetapi ini yang diserang adalah kepala dan mengenai otak, sehingga langsung lumpuh. Penjelasan kedokteran forensik begitu. Tanda-tanda perlawanan juga memang tidak terlihat sangat bersih,” ujarnya.

Meskipun kasus tersebut telah dinyatakan murni bunuh diri, namun pihak kepolisian belum menghentikan proses pemeriksaan kepada seluruh saksi karena masih akan melakukan pendalaman.

“Penyelidikan belum begitu (ditutup) nanti akan digelar, ahli juga akan dimintai, kasusnya juga masih ditangani Polresta Palembang,” tutup Kapolda Sumsel.

Baca juga: Kisah di Balik Bunuh Diri Keluarga FX Ong, Choky dan Snowy Ikut Ditembak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com