Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Visum Tunjukkan Tak Ada Kekerasan pada Mahasiswi yang Mengaku Diperkosa

Kompas.com - 25/10/2018, 20:15 WIB
Wijaya Kusuma,
Farid Assifa

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Polisi telah mengantongi hasil visum mahasiswi asal Blora berinisial W. Dari hasil visum, dinyatakan tidak ada tindak kekerasan yang dialami korban.

"Kita menerima laporan dari masyarakat, bahwa ada orang yang diperkosa. Kemudian kita cek TKP-nya, kita periksa saksi-saksi, lalu kita mintakan visumnya," ujar Direktur Ditreskrimum Polda DIY Kombes Pol Hadi Utomo, Kamis (25/10/2018)

Hadi menyampaikan, orang yang diduga melakukan pemerkosaan sudah dimintai keterangan. Pemeriksaan sudah dilakukan sebanyak dua kali.

"Kita masih memerlukan saksi yang lain, apakah itu memang terjadi perkosaan atau tidak," urainya.

Dijelaskanya sampai saat ini status terlapor masih sebagai saksi. Penyidikan itu berdasarkan fakta dan alat bukti yang diperoleh, bukan berdasarkan kemungkinan atau opini.

"Jadi untuk menetapkan tersangka, alat bukti yang berbicara, bukan opini yang bicara," tegasnya.

Baca juga: Polisi Dalami Kasus Mahasiswi Asal Blora Diperkosa Supir Travel

Polisi juga sudah mengantongi hasil visum mahasiswi berinisial W. Dari hasil visum dinyatakan tidak terdapat kekerasan yang dialami oleh W.

"Visumnya tidak menyebutkan adanya kekerasan, hanya telah terjadi persetubuhan," tegasnya.

Hadi menuturkan tidak bisa menyampaikan apakah persitiwa tersebut berdasarkan suka sama suka. Sebab, yang akan polisi buktikan adalah adanya laporan pemerkosaan.

"Yang kita akan buktikan adalah suatu laporan polisi. Pemerkosaan itu deliknya sudah ada, maka akan kita buktikan pemerkosaan atau tidak," bebernya.

Baca juga: Mahasiswi Yogyakarta Asal Blora Diperkosa Sopir Travel

Seperti diberitakan sebelumnya , seorang mahasiswa asal Blora, Jawa Tengah berinisial W (22) bersama ibunya dengan didampingi pengacara, Selasa (22/10/2018), mendatangi Mapolda DIY. Kedatangan W ini untuk melapor karena telah diancam dan dipaksa berhubungan badan oleh seorang sopir travel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com