Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Segera Cari Pengisi Posisi Bupati Cirebon

Kompas.com - 25/10/2018, 13:26 WIB
Dendi Ramdhani,
Khairina

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan segera mencari pengganti untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra yang tengah terjerat perkara hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Langkah cepat itu dilakukan untuk memastikan pelayanan masyarakat tak terganggu.

"Saya akan me-review juga kepada Kementerian Dalam Negeri kira-kira keberlangsungan pelayanan masyarakat dan pemerintahan di kabupaten Cirebon. Esok lusa harus ada keputusan supaya pelayanan dan pembangunan di sana tak terkendala," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Kamis (25/10/2018).

Baca juga: Bupati Cirebon Ditangkap KPK, Ridwan Kamil: Jangan Ada Niat Mencari Kekayaan

Emil pun mendukung penuh upaya KPK untuk terus menegakkan hukum di lingkungan birokrasi.

"Tentunya mengapresiasi KPK untuk terus menegakkan hukum dan aturan secara tegas dan adil terhadap pihak-pihak yang melanggar hukum dan aturan," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa telah berkoordinasi dengan Dirjen Otonomi Daerah terkait rencana pengisian jabatan Bupati Cirebon.

"Tadi juga pagi jam 07.00 WIB sudah koordinasi dengan Dirjen Otda Pak Soni, untuk segera mempersiapkan mengisi kekosongan sebelum ada pejabat bupati, yaitu Sekda sebagai Plh. Sekarang saya sudah perintahkan kepada Biro Pemerintahan untuk menyiapkan formulir berita atau radiogram yang nanti akan dilaporkan kepada Pak Gubernur," papar Iwa.

Iwa pun akan berkonsultasi dengan Emil soal penunjukan penjabat Bupati Cirebon.

"Sambil juga kita mengusulkan penjabat bupati oleh Pak Gubernur. Iya, dari Pemprov salah satu pejabat tertinggi pertama, nanti Pak Gubernur yang mengusulkan," jelasnya. 

Kompas TV Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun masih menunggu informasi apa saja kebutuhan mendesak yang diperlukan korban.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com