Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Terapkan Kampung Iklim, Pemkab Magelang Terima Penghargaan

Kompas.com - 25/10/2018, 07:43 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menerima penghargaan Pembina Kampung Iklim (Proklim) Daerah tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jendral Pengendalian Perubahan Iklim.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dalam acara Hari Aksi Pengendalian Perubahan Iklim (HAPPI) 2018, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah dan masyarakat setempat yang berperan aktif melakukan upaya-upaya pengendalian iklim.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin menyampaikan terimakasih atas penghargaan tersebut. Hal itu tidak lepas dari kerja keras jajarannya di Dinas Lingkungan Hidup dan masyarakat dalam upaya pengendalian iklim.

Baca juga: Gara-gara Perubahan Iklim, Harga Bir Sedunia Bisa Jadi 2 Kali Lipat

Ada dua desa di Kabupaten Magelang yang dijadikan percontohan penerapan program Kampung Iklim, yakni Desa Wonogiri, Kecamatan Kajoran dan Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan.

"Kami sangat mengapresiasi peran serta masyarakat, yang aktif ikut mensukseskan program mengatasi pemanasan global. Semoga memotivasi desa-desa lainnya untuk juga ikut melakukan gerakan yang sama," jelas Zaenal, dalam keterangan pers, Rabu siang.

Untuk diketahui, HAPPI bertujuan untuk mendorong masyarakat supaya aktif peduli dalam pengendalian perubahan iklim melalui aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Direktorat Jendral Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ruandha Agung Sugardiman menjelaskan, kegiatan ini merupakan forum multi pihak dan multi sektor untuk mendiskusikan perkembangan terakhir dari dukungan sistem dan program-program lain, termasuk pendanaan, teknologi, dan peningkatan kapasitas terkait perubahan iklim.

"Melalui kegiatan ini kami mendorong berbagai pihak untuk berkontribusi dalam pengurangan emisi GRK, meningkatkan kapasitas adaptasi dalam menghadapi bencana terkait iklim yang semakin sering terjadi di wilayah Indonesia" ujar Agung.

Dalam HAPPI 2018, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) kepada 33 lokasi di Indonesia. Penghargaan juga diberikan kepada 10 Pemerintah Daerah Provinsi dan 41 Kabupaten dan Kota di Indonesia.

"Pemerintah daerah yang diberi penghargaan tersebut telah mengeluarkan kebijakan dan peraturan di tahun 2018 untuk mendukung pelaksanaan Proklim di wilayahnya," terang Agung.

Kompas TV Para peneliti menyimpulkan saat temperatur bumi naik metabolisme serangga turut naik sehingga menciptakan populasi serangga yang sangat rakus.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com