Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Minta Anak-anak Surabaya Siap Bersaing di Era Globalisasi

Kompas.com - 23/10/2018, 19:14 WIB
Ghinan Salman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma memberi pengarahan dan motivasi kepada siswa dan guru di SMP Negeri 33 Surabaya, Selasa (23/10/2018).

Pengarahan itu dilakukan Risma guna menyiapkan para pelajar di Surabaya agar siap menghadapi era globalisasi.

Risma ingin pelajar di Surabaya semakin giat belajar dan terhindar dari berbagai persoalan kenakalan remaja.

Risma, karena itu, menyampaikan beberapa poin penting, salah satunya, kerutinan belajar. Risma menilai bahwa kunci besuksesan dan keberhasilan dimulai dengan tidak menunda-nunda waktu belajar dengan hal yang tidak penting.

"Keberhasilan dan kesuksesan tidak tergantung pada orang tua, atau kalian sekolah di mana. Tapi tergantung pada kalian sendiri, mau atau tidak untuk belajar," ucap Risma di halaman SMP Negeri 33 Surabaya, Selasa (23/10/2018).

Baca juga: Peringati HSN, Risma Ingatkan Besarnya Peran Santri saat Merebut Kemerdekaan NKRI

Risma meminta siswa untuk tidak minder dan tidak melihat kekurangan yang dimiliki. Risma menekankan agar kekurangan yang dimiliki tidak dijadikan sebagai penghalang dalam meraih kesuksesan, sekalipun berasal dari kalangan keluarga kurang mampu.

"Kalian bisa menjadi anak-anak yang luar biasa. Kalian tidak usah takut, tidak usah minder, tidak usah malu siapa orang tua kalian. Kalian semua berhak untuk berhasil dan berhak untuk sukses," tuturnya.

Risma juga berpesan agar para pelajar tidak menyia-nyiakan apa yang telah diberikan oleh Tuhan. Ia mengungkapkan banyak anak lain yang kurang beruntung.

Oleh karena itu, Risma berharap agar anak-anak yang telah diberi kesempurnaan oleh Tuhan agar tidak menyia-nyiakannya.

“Ayo buktikan bahwa Tuhan itu ada, Tuhan itu Maha Adil. Kita buktikan kalian semua bisa, kalian bisa berhasil dan sukses, kita buktikan ke dunia," sambung Risma.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Ikhsan, menyampaikan, selama ini Risma secara rutin berkeliling ke sekolah-sekolah untuk memberikan motivasi kepada para pelajar.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan untuk menyiapkan anak-anak Surabaya menghadapi era persaingan global.

"Bu Wali Kota memang selalu rutin bertemu dengan anak-anak. Di setiap sekolah, ibu menyampaikan motivasi itu, bagaimana anak-anak untuk menyiapkan masa depannya," kata Ikhsan.

Ikhsan menambahkan, di era persaingan global, nantinya anak-anak Surabaya akan bersaing dengan anak lain di seluruh dunia.

Baca juga: Proteksi Ancaman Tindak Kekerasan terhadap Anak-anak, Ini yang Dilakukan Risma

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya terus intens melakukan pembinaan dan pembekalan kepada para pelajar untuk menghadapi persaingan global itu.

"Jangan sampai mereka kalah dengan anak-anak yang lain. Ketika nanti mereka sudah dewasa atau nanti mereka sudah bekerja. Itu yang selalu dimotivasikan ibu wali kota kepada anak-anak di Surabaya," tutur Ikhsan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com