Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo: Santri, Ingat Selalu Jasa-jasa Para Kiai Kita...

Kompas.com - 22/10/2018, 17:00 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Calon Presiden RI Nomor urut 02 Prabowo Subianto memimpin upacara dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (22/10/2018).

Upacara yang digelar di kawasan parkir makam Gus Dur, persis di sebelah Pesantren Tebuireng, Jombang, diikuti ribuan santri.

Dalam amanatnya, Prabowo meminta santri untuk selalu mengenang jasa dan meneladani para kiai pendiri NU yang selalu berjuang bagi bangsa Indonesia.

Baca juga: Prabowo Jadi Pembina Apel Hari Santri Nasional di Tebuireng

Prabowo mengatakan, keberhasilan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan tidak lepas dari peran ulama, khususnya KH Hasyim Asy'ari.

Meletusnya peristiwa 10 November 1945 yang menjadi tonggak keberhasilan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan, menurut dia, tidak lepas dari peran ulama yang mencetuskan Resolusi Jihad.

Resolusi Jihad yang dimaksud Prabowo dicetuskan Rais Akbar PBNU, KH Hasyim Asy'ari, pada 22 Oktober 1945 setelah menerima masukan dari sejumlah kiai.

"Kepada para santri, kita harus selalu ingat jasa-jasa para kiai kita, para ulama yang berjasa besar bagi bangsa Indonesia," kata Prabowo.

Baca juga: Prabowo Kenang Resolusi Jihad Pendiri NU

"Keberhasilan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan, berkat jasa beliau-beliau," lanjutnya kemudian.

Menurut Prabowo, fatwa Resolusi Jihad, mampu memantik nasionalisme warga Indonesia hingga akhirnya bangsa Indonesia mampu mempertahankan kemerdekaan yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945.

Momentum keluarnya fatwa Resolusi Jihad, lanjut dia, kini diperingati sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

Baca juga: Cak Imin: Tasikmalaya Adalah Basis Santri Terbesar di Indonesia

Setelah menggelar apel hari santri, Prabowo-Sandi melakukan napak tilas resolusi jihad menuju ke makam KH. Bisri Syansuri di Pesantren Denanyar, lalu ke makam KH. Abdul Wahab Chasbullah di Pesantren Tambakberas Jombang, dengan iring-iringan jeep dan kendaraan terbuka.

Perjalanan napak tilas Prabowo-Sandi rencananya dilakukan hingga ke Tugu Pahlawan di Surabaya. Prabowo bersama Cawapresnya, Sandiaga Uno, datang ke lokasi Apel Hari Santri Nasional (HSN) setelah menggelar pertemuan tertutup dengan KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) bersama jajaran pengasuh dan melakukan ziarah ke makam pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari.

Baca juga: Ribuan Santri dan Ulama Padati Peringatan Hari Santri di Tasikmalaya

Apel hari santri dilaksanakan seperti layaknya apel seperti biasanya. Namun, di sela apel, para peserta apel menyanyikan lagu Subbanul Wathan, ciptaan KH Abdul Wahab Chasbullah, salah satu kiai pendiri NU dari Pesantren Tambakberas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com