Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Lintas Agama Doakan 17 Pataka Merah Putih Kirab Satu Negeri

Kompas.com - 21/10/2018, 22:24 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah tokoh lintas agama di Kota Semarang, Jawa Tengah mendoakan 17 pataka merah putih yang dibawa tim Kirab Satu Negeri (KSN).

Doa dari para tokoh digelar di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Kota Semarang, Sabtu (20/10/2018) malam.

Sejumlah tokoh lintas agama turut hadir untuk mendoakan agar kirab berjalan lancar. Doa dan zikir kebangsaan mengiringi proses itu, terutama mendoakan para korban bencana alam di berbagai daerah di Indonesia.

Sejumlah tokoh yang mendoakan antara lain pimpinan Pesantren Ketileng Kiai Amin Budiharjono, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Zainudin Ahpandi, Ketua Hubungan Antar Agama Keuskupan Agung Semarang Aloysius Budi Purnomo Pr, Timur Suprabama, Sosiawan Leak, dan lain-lain.

Baca juga: Sebelum Perpres Kendaraan Listrik Diteken, Ingat Spirit Nasionalisme

Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah, Sholahuddin Ali menjelaskan, doa bersama lintas agama dan zikir kebangsaan di Semarang dipersiapkan secara khusus untuk menyambut Kirab Satu Negeri (KSN) dengan 17 pataka merah putih.

Sebanyak 17 pataka yang singgah di Semarang merupakan dari titik Rote. Selain Rote, pataka lain juga telah telah memulai perjalanan panjang dari Pulau Sabang (Aceh), Miangas, Nunukan (Kaltara), Merauke, dan Rote.

"Semua pataka nanti akan berkumpul menjadi satu di Magelang. Selanjutnya akan dikirab menuju Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai titik temu seluruh zona dan puncak KSN 2018," kata Solahuddin.

Puncak KSN direncanakan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada 26 Oktober 2018. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo direncanakan hadir dalam acara itu.

Solah menambahkan, kirab satu negeri diharapkan terus memacu semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami ingin menyampaikan bahwa kami ini adalah satu negeri, satu bendera merah putih. Maka, mari kita jaga Indonesia bersama-sama,” katanya. 

Kompas TV Puncak acara yaitu upacara bendera di Kota Merauke, Papua pada HUT ke-73 TNI.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com