Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Para Santri, Beda Pilihan Enggak Apa-apa

Kompas.com - 21/10/2018, 21:46 WIB
Dendi Ramdhani,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, beda pilihan dalam politik adalah hal yang wajar. Asal, kata Jokowi, perbedaan itu tak meretakkan nilai-nilai kesatuan dan persatuan.

Hal itu dikatakan Jokowi saat berpidato di hadapan puluhan ribu santri yang hadir dalam puncak peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/10/2018).

"Para santri, beda pilihan enggak apa-apa. Namanya beda pilihan pada pesta demokrasi setiap lima tahun pasti ada. Tapi jangan sampai kita sesama muslim saling memfitnah, sesama bangsa setanah air, kita saling menjelekan," kata Jokowi.

"Tidak pernah dalam ajaran Islam diperbolehkan melakukan fitnah, mencela, menjelekan. Tapi biasanya itu fitnah muncul, mencela muncul, menjelekan muncul, menjelang pemilihan bupati, wali kota gubernur, presiden," tambahnya.

Baca juga: Hadiri Hari Santri Nasional, Jokowi Bahas Peran Ulama dan Santri

Jokowi juga mengingatkan soal maraknya penyebaran berita hoaks jelang tahun politik. Ia meminta masyarakat lebih waspada dan bisa memilah informasi.

"Hati hati kita sering tidak sadar bahwa kita saudara sebangsa dan setanah air. Jangan mudah percaya pada namanya hoaks, berita yang ada di media sosial. Kalau sudah menjelang tahun politik banyak beredar kabar bohong, fitnah, hoaks di media sosial. Mohon di saring apakah benar apakah tidak benar," tuturnya.

Sebab itu, ia pun menekankan jangan sampai nilai persatuan dan kebhinekaan terbelah lantaran lantaran beda piliham dalam politik.

"Saya ingin mengingatkan, menyadarkan, bahwa negara kita NKRI adalah rumah yang perlu kita rawat dan kita jaga. Jangan sampai perbedaan itu memecah kita," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com