Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Santri Nasional, Wagub Jabar Instruksikan ASN Gedung Sate Pakai Sarung dan Baju Muslim

Kompas.com - 21/10/2018, 13:43 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menginstruksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jabar untuk mengenakan busana muslimah bagi wanita dan sarung bagi pria, Senin (22/10/2018) besok. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Instruksi itu tertuang dalam surat edaran Nomor: 003.3/80/Org tentang Hari Santri Nasional di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang ditandatangani Plh. Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Bandung, 19 Oktober 2018.

"Dasarnya, Hari Santri Nasional ini sudah menjadi keputusan pemerintah. Jadi, wajar sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para santri kita menggunakan pakaian ala santri. Seperti halnya Hari Kartini kita memakai baju kebaya bagi perempuan," kata Uu di Bandung, Minggu (21/10/18).

Baca juga: Ketum PBNU: Hari Santri Bukti Penghargaan Negara Terhadap Jasa Ulama

Uu berencana menerapkan kebijakan itu setiap tahun sebagai bentuk penghormatan bagi kaum 'sarungan' yang punya jasa dalam memerdekakan Indonesia.

"Dengan memakai (sarung) ini sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama bukan hanya santri. Karena sebenarnya Hari Santri adalah Hari Ulama, jadi menghormati santri sama dengan menghormati ajengan (ulama)," ungkapnya.

"Dengan lidahnya para santri, dengan ilmunya para ulama, dan keikhlasan para ajengan maka masyarakat Jawa Barat yang begini religius. Kalau tidak ada para santri, estafet keimanan, ketaqwaan mau siapa lagi? Karena ulama adalah pewaris Rasulullah dan para nabi," papar Uu.

Adapun puncak acara Hari Santri Nasional akan dilaksanakan di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Minggu (21/10/2018) malam. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam acara tersebut. Kegiatan itu diprediksi akan dihadiri lebih dari 10 ribu santri di seluruh Jawa Barat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com