Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tahun Jokowi-JK, Wapres Bukan "Ban Serep"

Kompas.com - 21/10/2018, 11:19 WIB
Yoga Sukmana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla genap 4 tahun pada 20 Oktober 2018. Berbagi hal dicapai di berbagai bidang mulai dari ekonomi hingga penegakan hukum.

Namun terlepas dari peran sentral Presiden Jokowi, ada sosok lain yang menjadi pelengkap kepemimpinan republik. Ia adalah Wapres Jusuf Kalla.

Kepemimpinannya punya porsi tersendiri dalam Pemerintahan Jokowi.

Selama 4 tahun pemerintahan, Kalla tak hanya mewakili Presiden saat berhalangan hadir, namun juga tampil memimpin, mengarahkan, memegang kendali. Tentu, atas seizin Jokowi.

1. Utusan untuk PBB

Sejak awal, Kalla punya porsi besar mengurusi politik luar negeri Indonesia. Di berbagai kesempatan, Kalla justru mewakili Presiden dalam acara pertemuan internasional. 

Salah satunya yakni Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam 4 tahun pemerintahan, Wapres bahkan sudah 4 kali mewakili Jokowi pidato di PBB.

Mulai dari 2015, 2016, 2017 dan terakhir 2018.

Dalam berbagai pidatonya, Kalla selalu menekankan isu perdamaian, deradikalisasi, pembangunan, hingga ketimpangan ekonomi global. Salah satu yang paling konsisten yakni mendorong perdamaian di Palestina.

Di PBB Kalla tak hanya pidato. Pada 2016, Wapres memimpin kampanye menandai pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa periode 2019-2020.

Baca juga: Wapres JK: Indonesia Terpilih Jadi DK PBB karena Pengalaman Perdamaian

Upaya keras itu tak sia-sia karena akhirnya Indonesia terpilih menjadi salah satu anggota tidak tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB).

Dalam pemungutan suara Majelis Umum PBB di New York, Jumat (8/6/2018), Indonesia mendapat 144 suara dari 190 negara anggota.

Tak salah bila Kalla disebut sebagai utusan Jokowi untuk PBB.

2. Pengarah Asian Games

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Iriana Joko Widodo (kedua kiri), Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla (ketiga kanan) melambaikan tangan ke kontingen Indonesia pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).INASGOC/DHONI SETIAWAN Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ibu Iriana Joko Widodo (kedua kiri), Wapres Jusuf Kalla (kanan) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla (ketiga kanan) melambaikan tangan ke kontingen Indonesia pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Bila ditanya siapa sosok yang punya andil dalam menyukseskan gelaran Asian Games 2017, maka Wapres Kalla masuk dalam salah satu jawabannya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com