Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Poncol Magetan Rusak Rumah Warga, Talud Dipasang

Kompas.com - 20/10/2018, 06:54 WIB
Sukoco,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com – Sebuah bukit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, longsor, Kamis (18/10/2018) sekitar pukul 03.00 Wita.

Longsor sepanjang 15 meter dengan ketinggian bukit 8 meter membuat rumah milik Sadirin (48), warga Desa Cileng, mengalami kerusakan.

“Longsor terjadi akibat saluran irigasi yang retak sepanjang 15 meter dengan tinggi sekitar 8 meter,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra, Jumat (19/10/2018).

Baca juga: 5 BERITA POPULER NUSANTARA: Aksi Ngedrift Gagal karena Tabrak Toilet hingga Sandiaga Diminta Keluar Emak-emak

Pada Jumat siang, sejumlah anggota BPBD Kabupaten Magetan bersama anggota Polsek dan Koramil serta warga sekitar melakukan pembuatan talud di sepanjang aliran irigasi yang longsor.

Warga juga menutup bagian bukit yang longsor dengan terpal untuk mencegah terjadinya longsor susulan untuk mencegah menimpa sejumlah rumah warga yang berada di bawah bukit.

“Talud menggunakan glangsing guna mengurangi risiko longsor susulan apabila ke depan turun hujan,” imbuh Fery.

Baca juga: Di Jalur Sarangan, 4 Kecelakaan Berujung Maut Terjadi dalam Sebulan

Meski longsor di Kecamatan Poncol tersebut cukup parah tetapi tidak menimbulkan korban jiwa. BPBD Kabupaten Magetan mewaspadai longsor susulan mengingat prediksi cuaca menyebutkan Kabupaten Magetan mulai diguyur hujan pada bulan Desember.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com