Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perempuan 26 Tahun yang Sukses Berkat Membersihkan Tas

Kompas.com - 19/10/2018, 20:59 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sandra Selviana (26) baru dua tahun membuka usaha. Hasilnya terbilang luar biasa. Dalam sebulan, sekitar 3.000 konsumen menggunakan jasa perusahaannya.

"Usaha saya bergerak di bidang jasa, khususnya tas, baik membersihkan tas ataupun memperbaiki tas supaya cantik kembali," ujar pemilik Your Bag Spa Sandra Selviana kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sandra mengatakan, Agustus 2016 ia membuka toko pertamanya di Parijs van Java (PVJ). Dalam dua tahun, bisnisnya berkembang cepat, hingga kini memiliki 10 toko.

"Yang di Paskal 23 toko ke 10 saya. Toko saya ada di Jakarta, Surabaya, Serpong, dan Bekasi. Ke depan akan buka di Makassar, Medan, Yoyakarta, dan Bali," tuturnya.

Baca juga: Kisah Sukses Desa Kota Bani Menurunkan Angka Kemiskinan Warganya

Sandra menjelaskan, pada awal bisnisnya, ia memiliki 4 pegawai. Kini, pegawainya bertambah menjadi 60 orang.

"Pelanggan kami bertambah terus, sebulan sekitar 2.000-3.000 pengunjung dari seluruh Indonesia termasuk luar negeri. Namun yang luar negeri, lebih sedikit karena terkait biaya kirim," ungkapnya.

Keberhasilannya, sambung Sandra, salah satunya karena bidang bisnis yang diambilnya. Sandra termasuk pionir dalam bisnis bag spa di Indonesia.

Sandra menceritakan awal bisnisnya. Saat itu, ia membeli tas second via online. Begitu sampai, tas nya kurang bagus. Lalu ia coba datang ke suatu tempat untuk membersihkan dan memperbaiki tas.

Baca juga: Di Depan Ribuan Mahasiswa, Sandiaga Beri 3 Kunci Jadi Pengusaha Sukses

Ternyata, hasilnya kurang bagus. Dari sana, ia bertekad untuk membuka bisnis membersihkan tas. Ia kemudian riset hingga ke luar negeri.

"Jadilah bisnis ini. Saya memang senang bisnis sejak sekolah dulu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com