Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Kerangka Pria Bertapa Beralas Sajadah, Diduga Meninggal Saat Jalankan Ritual

Kompas.com - 19/10/2018, 12:44 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Grobogan, Jawa Tengah masih berupaya secara intensif mengungkap identitas kerangka manusia yang ditemukan di kawasan hutan petak 57a, RPH Mangin, BKPH Ketawar, KPH Telawa, Desa Karanganyar, Kecamatan Karangrayung, Grobogan.

Meski demikian, dari hasil pemeriksaan Satreskrim Polres Grobogan dipastikan jika jasad berupa kerangka yang diperkirakan lelaki itu bukanlah korban penganiayaan atau pembunuhan.

"Korban itu diduga menjalankan ritual dengan bertapa di lokasi kejadian yang merupakan punden keramat. Terbukti posisinya duduk bersila dengan beralaskan sajadah,"  kata Kasat Reskrim Polres Grobogan AKP Maryoto kepada Kompas.com, Jumat (19/10/2018).

Keterangan warga, lokasi kejadian sering digunakan untuk ritual termasuk bertapa. Tidak ditemukan adanya unsur penganiayaan. Korban meninggal dunia tiga bulan lalu."

Tim Satreskrim Polres Grobogan kesulitan untuk mengidentifikasi korban karena jasad sudah berupa kerangka. Terlebih lagi, buku nikah yang ditemukan di saku korban kondisinya sudah rusak. 

Baca juga: Kerangka Pria yang Ditemukan dalam Posisi Bertapa Beralaskan Sajadah Gegerkan Warga Desa

"Kami sudah berkoordinasi dengan setiap polsek untuk mengumpulkan informasi dari masyarakat. Selama ini belum ada laporan kehilangan keluarga. Buku nikah yang ada di saku korban rusak tidak terbaca. Kerangka korban masih di RSUD Purwodadi," sambung Maryoto.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Desa Mangin dan Desa Karanganyar di Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah digegerkan dengan penemuan kerangka manusia di kawasan hutan setempat, Kamis (18/10/2018). 

Kerangka tersebut ditemukan di petak 57a, RPH Mangin, BKPH Ketawar, KPH Telawa, sekitar pukul 08.00 WIB. Wilayah penemuan kerangka masuk Dusun Banger, Desa Karanganyar yang berbatasan dengan Desa Mangin.

Kerangka itu ditemukan di pinggir sebuah parit kecil yang kondisinya sudah mengering. Meski sangat sulit dikenali, namun diperkirakan pemilik kerangka itu berjenis kelamin pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com