Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Rumah Liar di Belakang SD Al-Alzhar Hangus Terbakar Dalam Hitungan Menit

Kompas.com - 19/10/2018, 09:38 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Ratusan warga Rumah Liar (Ruli) belakang SD Al-Azhar Tiban, Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sekitar pukul 06.00 WIB berhamburan keluar luar, Jumat (19/10/2018).

Hal ini terjadi setelah salah satu rumah yang ada di kawasan Ruli Belakang Sekolah AL -Azhar Sekupang ini hangus dilalap si jago merah.

Bahkan dalam hitungan menit, api menjalar hingga menghanguskan dan meratakan 20 ruli yang ada di kawasan tersebut.

Ari (30) salah satu warga yang rumahnya juga ikut terbakar ditemui di lokasi kejadian mengatakan mejadian ini terbilang sangat cepat sekali. Bahkan warga tidak bisa berbuat apa-apa.

"Padahal warga baru saja berteriak minta tolong, begitu saya keluar ingin memberikan pertolongan, seketika saja api menjalar kerumah lain termasuk rumah saya," kata Ari.

Meski kerusakan rumahnya tidak terlalu parah dibandingkan dengan rumah warga lainnya, namun tidak sedikit barang berharga miliknya hangus terbakar.

Baca juga: Fakta Kecelakaan Maut di Pasuruan, Mobil Terseret 50 Meter hingga 3 Orang Terbakar

"Tidak sempat menyelamatkan apa-apa, api terbilang cepat dan menjalar kemana-mana hingga menghanguskan 20 rumah," jelasnya.

Camat Sekupang Arman yang juga berada di lokasi kejadian mengaku saat ini pihaknya yang dibantu petugas pemadam sedang berupaya memadamkan api.

Meski sudah tinggal asap, namun Arman mrnduga bisa saja apinya belum benar-benar padam.

"Kebakarannya cukup mengagetkan sekali, karena dalam hitungan detik puluhan rumah langsung hangus terbakar dan warga pemilik ruli juga tidak bisa menyelamatkan harta benda miliknya," kata Arman.

Arman mengaku dari data sementara total rumah yang hangus terbakar ada sekitar 20 rumah dan tidak ada korban jiwa dari kejadian ini.

"Untuk jumlah jiwanya masih kami lakukan pendataan dan petugas masih melakukan pemadaman api," ujarnya.

Lihat: 20 Rumah Liar di Belakang SD Al-Azhar Hangus Terbakar, Diduga Karena Arus Pendek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com