Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Semarang Sumbang Rp 2,75 Miliar untuk Korban Bencana di Sulteng

Kompas.com - 19/10/2018, 06:39 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Masyarakat Kota Semarang, Jawa Tengah menyalurkan sumbangan untuk para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Donasi untuk korban disalurkan melalui aparat pemerintah daerah, dan badan penanggulangan bencana daerah.

Penyerahan bantuan masyakarat Semarang diserahkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kepada Pemkot Palu, BPBD Sigi dan BPBD Donggala, di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (18/10/2018).

"Kami serahkan langsung dana sebesar Rp 2,75 miliar. Dana ini urunan masyarakat Kota Semarang. Tidak besar memang, tapi harapannya ikut meringankan beban di sini,” kata Hendrar, melalui keterangan tertulisnya.

Masyarakat Semarang, kata dia, ikut bersimpati atas musibah bencana yang terjadi di akhir bulan September 2018 lalu. Masyarakat Semarang pun saweran untuk membantu masyarakat Sulawesi Tengah yang terkena musibah.

Baca juga: Wali Kota Semarang Target Pembangunan Tanggul Laut Selesai pada 2021

“Kami ikut merasakan, di sini (lokasi bencana) untuk makan saja susah, sehingga sangat butuh perhatian,” ujarnya.

Hendrar yang mewakili pemerintah dan masyarakat Semarang mengunjungi sejumlah tempat pengungsian. Didampingi sejumlah relawan, Hendrar bercakap-cakap dengan sejumlah pengungsi agar tabah.

Di akhir pembicaraan, Hendrar juga mencoba memotivasi agar bangkit dari keterpurukan.

"Kami lihat masih banyak puing-puing berserakan dampak dari gempa. Semangat kami adalah bergerak bersama untuk dapat mengembalikan sedulur-sedulur di sini ke kehidupan normal", tambahnya.

Sejumlah donasi dari masyarakat Semarang yaitu Rp 1,75 miliar kepada Pemerintah Kota Palu yang diterima Wakil Wali Kota; lalu Rp 500 juta melalui BPBD Sigi, dan Rp 500 juta Untuk Kabupaten Donggala melalui Asisten Sekda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com