Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Hari Hilang di Laut, Lutfi Ditemukan Tewas

Kompas.com - 16/10/2018, 21:21 WIB
Markus Yuwono,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Pencarian tim SAR gabungan untuk menemukan korban laka laut Pantai Sedahan, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta, Danang Lutfi Priyambhodo (17) akhirnya membuahkan hasil.

Korban ditemukan sekitar 50 meter dari lokasi korban hilang.

"Tim melihat seperti ada sosok tubuh manusia di sekitar lokasi kejadian, tepatnya 50 meter dari lokasi korban pertama hilang," kata Koordinator SAR Satlinmas wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara, Selasa (16/10/2018).

Dia mengatakan korban yang berasal dari Kuncen RT 012 RW 003 Karangduren, Tengaran, Semarang, Jawa Tengah ini ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

"Jenazah kemudian dievakuasi menggunakan perahu untuk dibawa menuju pos. Setelah dilakukan pengecekan dan pencocokan, ternyata sesuai ciri-ciri Lutfi," ucapnya.

Baca juga: Saudi Disebut Bakal Akui Jurnalis yang Hilang Tewas Saat Diinterogasi

Pencarian selama 4 hari ini gabungan antara SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Basarnas, Pos TNI AL Sadeng, DitPolair Polda DIY, Polsek Girisobo, PMI Gunungkidul, SAR DIY, CODE X, SAR Semesta.

Pencarian dibagi dalam tiga tim. Tim pertama bertugas melakukan penyisiran dari laut, tim kedua mencari dari arah pantai, dan tim terakhir diterjunkan untuk memantau dari area perbukitan.

"Korban akan dibawa ke RSUD untuk menjalani pemeriksaan, setelah itu akan diserahkan ke keluarga," katanya.

Kepala Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto mengatakan, dengan ditemukan korban laka laut di Pantai Sedahan, operasi pencarian dinyatakan ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

"Pencarian korban laka laut Sedahan resmi ditutup hari ini," ucapnya.

Laka laut maut yang terjadi di Pantai Sedahan berawal ketika 3 orang pelajar asal Jawa Tengah yaitu Putu Bagus Sadewa (15) warga Krajan, Kemetul, Susukan, Salatiga, Muhamad Andiko Abimayu (18) warga Dukuhsari, Muncar, Susukan, Semarang dan Arif Gunawan (16) warga Gumuk, Susukan, Semarang bermain air di sekitar pantai.

Ketiganya tak menyadari kedatangan ombak besar yang lantas menyapu mereka. Lutfi yang melihat ketiga temannya lalu berinisiatif memberikan pertolongan.

"Korban berusaha menolong rekannya tapi justru hilang terseret ombak. Sedangkan tiga orang rekan korban yang terseret ombak berhasil diselamatkan," kata Pipit. 

Kompas TV Jumat (29/9) pagi, Presiden Jokowi mengawali kegiatannya dengan berkunjung ke Kraton Yogyakarta, menemui Sri Sultan Hamangku Buwono X dan keluarga.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com