Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Sanksi PSSI, Bobotoh Persib Bandung Sampaikan Tuntutan ke DPRD

Kompas.com - 15/10/2018, 18:17 WIB
Budiyanto ,
Khairina

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Ratusan suporter Persib Bandung menggelar aksi protes di DPRD Kota Sukabumi, Jawa Barat, Senin (15/10/2018). Aksi itu dipicu sanksi yang dijatuhkan PSSI kepada tim Maung Bandung.

Mereka meminta agar DPRD Kota Sukabumi dapat menyampaikan tuntutan kepada PSSI. Diantaranya, mendesak PSSI meninjau ulang keputusan hukuman kepada Persib dan meminta mengusut tuntas semua pelanggaran HAM di semua lini sepakbola.

''Aksi ini digelar sebagai bentuk protes atas sanksi Komdis PSSI kepada Persib Bandung,'' ungkap Koordinator lapangan, Risris Rizal Aliperkasa di sela aksi, Senin siang.

Dia menuturkan, sanksi yang dijatuhkan kepada Persib Bandung itu merupakan buntut tewasnya supporter Persija Jakarta, Haringga Sirla di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung. Peristiwanya terjadi sebelum Persib bertanding dengan Persija.

''Kami merasa sebagai bagian masyarakat Kota Sukabumi dan ada perwakilan di DPRD. Makanya kami datang ke sini dan ingin menyampaikan petisi kami agar disampaikan ke PSSI,'' ujar dia.

Baca juga: Hasil Persib Vs Persipura, Maung Bandung Raih Poin di Jayapura

''Bobotoh salah, kami akui dan minta maaf. Kalau di hukum, ya hukum sesuai dengan koridornya. Kami juga tidak akan menuntut banding karena merasa itu kesalahan yang mengakibatkan Persib seperti ini," sambungnya.

Risris mengharapkan petisi atau tuntutan dari bobotoh Sukabumi dapat disampaikan oleh DPRD ke PSSI.

Ketua DPRD Kota Sukabumi Yunus Suhandi mengapresiasi bobotoh Persib Bandung di Sukabumi yang menyampaikan aspirasinya dengan damai. Dia mengatakan beberapa perwakilan diterima di ruang utama.

''Kami mendukung terhadap apa yang disampaikan mereka terkait masalah ketidakadilan. Dan ada lima tuntutan yang disampaikan mereka,'' kata Yunus selesai menerima perwakilan di gedung DPRD Kota Sukabumi.

''Tuntutan mereka kami sampaikan ke DPR RI untuk disampaikan kembali kepada PSSI. Tuntutannya sudah kami kirimkan lewat faksimil ke DPR RI, semoga ada solusi terbaik,'' pungkasnya.

Selesai menyampaikan aspirasi dan diterima pimpinan dan anggota DPRD Kota Sukabumi, ratusan suporter Persib Bandung itu langsung menuju Polres Sukabumi Kota dengan berjalan kaki.

Di Polres Sukabumi Kota, ratusan pendukung Persib Bandung nonton bareng (nobar) laga pertandingan Persib melawan Persipura yang digelar di Papua.

Kompas TV The Jakmania dilarang balas dendam kepada suporter Persib terkait tewasnya Haringga Sirla pada minggu lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com