Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buktikan Harga Pasar Stabil, Ibu-ibu Diberi Uang untuk Belanja di Pasar

Kompas.com - 15/10/2018, 09:47 WIB
Muhlis Al Alawi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Puluhan relawan Ayo Jokowi (Ayo Jo) bersama ratusan ibu-ibu milenial menggelar aksi masa bersama di Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu (14/10/2018).

Aksi itu sebagai bentuk pembuktian harga bahan pokok makanan masih relatif stabil dan terjangkau warga. Pasalnya pihak lain menuding, harga kebutuhan bahan makanan makin melambung dan tak terjangkau oleh masyarakat.

Kepada ibu-ibu di Kota Madiun, relawan Ayo Jo memberikan tantangan bagi ratusan ibu-ibu untuk berbelanja bahan pokok di pasar, selanjutnya langsung dimasak bersama di halaman gedung kesenian Kota Madiun.

Untuk belanja bahan memasak, masing-masing ibu milenial dibekali uang sebesar Rp 200.000. Uang sebesar itu dibelikan bahan pokok berupa daging, telur, sayuran, tahu, ikan, minyak goreng, beras dan bahan lainnya di Pasar Besar Tradisional Kota Madiun.

Dari hasil belanjaan itu, panita memberikan keleluasaan bagi kelompok untuk memasak sebanyak berbagai jenis menu makanan.

Baca juga: Relawan Jokowi Jatim Siapkan Tokoh Muda untuk Gaet Swing Voters

Bagi yang bisa menyajikan aneka menu makanan terbanyak dengan cita rasa yang enak didapuk sebagai pemenangnya.

Relawan Ayo Jo memberikan hadiah sebesar Rp 1,5 juta bagi juara pertama, Rp 1 juta bagi juara kedua dan Rp 500.000 bagi juara ketiga.

Titik, seorang ibu rumah tangga yang ditemui di sela lomba menyatakan, kelompoknya menyajikan enam menu dari modal belanja di Pasar Besar Kota Madiun.

Menurut Titik, meski kurs dollar Amerika Serikat terus naik namun harga bahan pokok di pasar masih relatif stabil dan terjangkau.

"Harga bahan-bahan pokok yang kami beli tetap stabil dan terjangkau. Dari bahan belanjaan tadi, satu menu masakan bisa dinikmati sedikitnya 20 orang," ungkap Titik.

Aksi masak bersama itu menyedot perhatian warga setempat. Warga yang tidak mengikuti lomba ramai-ramai menonton jalannya perlombaan.

Pasalnya usai dinilai juri, warga bisa menyantap bersama-sama menu yang disajikan kelompok.

Koordinator Ayo Jo Mataraman, Ahmad Musowir menyatakan, aksi belanja dan masak bersama-sama itu digelar di wilayah mataraman meliputi Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo dan Pacitan.

"Kegiatan ini serentak digelar di lima kabupaten," kata Ahmad.

Baca juga: Relawan Jokowi-Maruf Amin Jatim Diimbau Berdonasi untuk Korban Gempa

Ahmad mengatakan, aksi belanja dan masak bersama menunjukkan harga bahan kebutuhan pokok rumah tangga di pasar masih stabil. Tak hanya itu, harganya pun masih terjangkau di kalangan ibu rumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com