Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Geologi ITS: Saat Gempa Jangan Panik, Tapi Lari Cari Tempat Aman

Kompas.com - 15/10/2018, 09:06 WIB
Aprillia Ika

Editor

SURABAYA, KOMPAS.com - Pakar Geologi ITS, Amin Widoso, meminta masyarakat memahami mitigasi bencana gempa, pasalnya wilayah Indonesia rawan gempa. Amien meminta masyarakat sigap dalam mengevakuasi diri dari bencana.

Masyarakat diminta untuk untuk tidak panik saat terjadi gempa. Sebaliknya, masyarakat diminta untuk segera lari mencari tempat yang aman saat terjadinya gempa.

"Begitu gempa lari tenggang langgang, harusnya lari dan mengingat yang lain. Jangan hanya mengandalkan kepanikan," jelas Amin Widoso terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana bersama warga Rungkut Mapan Barat 08 Surabaya, Minggu (14/10/2018).

Baca juga: Ahli Geologi ITS: Surabaya Berpotensi Alami Gempa hingga Magnitudo 6,5

Sebab bencana alam seperti gempa bumi, longsor, gunung meletus, banjir dan angin puting beliung merupakan kejadian dari dinamika alam.

"Kita tidak bisa sembunyi, tapi belajar memahami gempa. Kita selamat bisa menyelamatkan," tambah Amin.

Terkait gempa bumi yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, Amin mengatakan, pihaknya mengusulkan pemerintah untuk memetakan jenis tanah di Kota Surabaya.

Pemetaan jenis tanah satu di antaranya dengan pengaturan tata ruang wilayah.

Pasalnya dari hal tersebut jika terjadi gempa diperkirakan tidak banyak menyebabkan banyak kerugian dan korban.

Baca juga: Ada Dua Sesar Aktif di Surabaya, ITS Usulkan Pemetaan Kawasan Risiko Bencana

"Kualitasnya tanah dan bangunan jelek harus diperbaiki. Dan kami mengusulkan pemetaan jenis tanah. Khususnya yang berwarna putih ada di daerah Surabaya Timur dan Utara," tambahnya.

Penelitian Kementerian PUPR menyebutkan, Kota Surabaya memiliki dua sesar aktif.

Dua sesar aktif di Kota Surabaya yaitu sesar Waru dan sesar Surabaya, yang diinikasikan dapat berpotensi gempa magniutudo 6,5. Menurut Amin jika terkena gempa magnitudo 6,5 seluruh kawasan Surabaya terdampak. 

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana, Pakar Geologi ITS: Tenang, Jangan Hanya Mengandalkan Panik, pada Senin (15/10/2018). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com