Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Karawang Telusuri Temuan 4.000 DPT Ganda

Kompas.com - 14/10/2018, 09:12 WIB
Farida Farhan,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang tengah menelusuri temuan 4.000 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Awalnya sekitar segitu (4.000), tapi setelah dipadankan datanya oleh Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) berkurang sekitar 2.000," ujar Ketua KPU Kabupaten Karawang Miftah Farid, Sabtu (13/10/2018).

Saat ini, KPU bersama Disdukcapil dan Badan Pengawas Pemilu Karawang tengah menindaklanjuti temuan tersebut.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tengah melakukan verifikasi faktual dengan menemui para pemilih langsung ke rumahnya untuk validasi data.

"Jumlah tersebut sudah jauh berkurang lantaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terus bergerak memperbaiki data pemilih. Ini bergerak terus, karena di lapangan sedang berjalan," kata Miftah.

Sebelumnya, dalam rapat pleno 13 September 2018, KPU Karawang menetapkan DPT sebanyak 1.622.626. Jumlah tersebut merupakan perbaikan dari DPT sebelumnya sebanyak 1.629.851.

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com