Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hoaks, Pesan Berantai Siswa SD Konsumsi Sari Buah Mengandung Narkoba

Kompas.com - 11/10/2018, 16:54 WIB
Caroline Damanik

Editor

SIDOARJO, KOMPAS.com - Pesan berantai tentang kabar adanya siswa yang mengonsumsi jajanan mengandung narkoba beredar di jejaring sosial di antara warga Sidoarjo, Jawa Timur, dalam beberapa hari terakhir.

Pesan berantai itu juga disertai imbauan kepada orangtua yang punya anak TK, SD, dan SMP hati-hati karena siswa SD di Candi, Sidoarjo, disebutkan membeli sari buah pisang cair dengan harga Rp 2.000 yang diduga ada kandungan narkobanya sehingga menimbulkan rasa segar dan nikmat namun seketika lemas dan bola matanya mendadak ke atas.

Baca juga: Viral, Wali Kota Prabumulih Nyaris Adu Jotos dengan Asisten III

Kabar tersebut menjadi perbincangan karena ditulis juga bahwa perkara ini sedang ditangani Polsek Candi.

Kanit Reskrim Polsek Candi Iptu Isbahar menegaskan bahwa kabar itu bohong.

"Petugas sudah menelusuri kabar tersebut, dan tidak ada. Sejauh ini tidak ditemukan informasi apapun terkait kabar itu," ungkapnya, Kamis (11/10/2018).

Dalam penelusurannya, polisi juga sempat mendatangi sekolah yang disebut serta meminta keterangan beberapa warga sekitar. Namun, sejauh ini, polisi memastikan bahwa tidak ada peristiwa seperti itu yang terjadi.

Baca juga: Petaka di Petobo, Aspal seperti Gelombang dan Lumpur Keluar dari Perut Bumi, seperti Mau Kiamat

Foto-foto yang disebut dari anggota Polisi dan TNI seperti yang beredar dalam pesan berantai tersebut juga diketahui bukan milik anggota Polsek Candi maupun anggota koramil setempat.

"Selain itu, sejauh ini juga tidak ada laporan yang masuk terkait peristiwa itu," tutur Isbahar.

Dia mengakui bahwa sejak kabar ini beredar, banyak sekali warga yang bertanya ke Polsek mengenai kepastian kabar tersebut.

 

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Pesan Berantai Siswa di Sidoarjo Mengonsumsi Jajan Mengandung Narkoba, Hoaks atau Asli? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com