Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta di Balik Gempa Sumenep, Dampak hingga Santunan Korban Meninggal

Kompas.com - 11/10/2018, 11:09 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warga di Sumenep, Jawa Timur, panik dan berlarian keluar rumah saat terjadi gempa magnitudo 6,4 pada Kamis (11/10/2018) dini hari.

Getaran gempa tersebut juga dikabarkan dapat dirasakan oleh warga di Kota Malang hingga Bali.

Untuk sementara, tiga orang meninggal dunia setelah tertimpa reruntuhan bangunan.

Berikut sejumlah fakta peristiwa gempa di Laut Situbondo pada hari Kamis (11/10/2018).

1. Pusat gempa di 61 kilometer Timur Laut Situbondo

Ilustrasi gempa.Shutterstock Ilustrasi gempa.

Berdasar keterangan resmi BMKG, gempa berkekuatan magnitudo 6,4 terjadi pada pukul 01.44 WIB dengan titik pusat gempa di 61 kilometer timur laut Situbondo. 

Gempa tersebut memiliki kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami. Geterannya dirasakan di wilayah (MMI) III-IV Denpasar, III Karangkates, III Gianyar, III Lombok Barat, III Mataram, III Pandaan #BMKG.

"Saya kaget dan semua bangun keluar rumah. Ini sekarang enggak ada yang masuk rumah lagi. Takut kalau ada gempa susulan," kata Reni Hayu Pratiwi (41), salah seorang warga perumahan Klatak saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/10/2018).

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Situbondo, Getaran Terasa dari Malang hingga Bali 

2. Tiga warga meninggal dunia, sejumlah bangunan roboh

Warga menunggu di luar RS Larasati ketika terjadi gempa di Pamekasan, Jatim, Kamis (11/10/2018) dini hari. Data BMKG gempa bermagnitudo 6,4 SR yang berpusat di 61 km sebelah timur laut Kabupaten Situbondo pada pukul 01.44.57 Wib dengan kedalaman 10 km itu juga sempat menimbulkan kepanikan  di beberapa daerah di Madura.ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRI Warga menunggu di luar RS Larasati ketika terjadi gempa di Pamekasan, Jatim, Kamis (11/10/2018) dini hari. Data BMKG gempa bermagnitudo 6,4 SR yang berpusat di 61 km sebelah timur laut Kabupaten Situbondo pada pukul 01.44.57 Wib dengan kedalaman 10 km itu juga sempat menimbulkan kepanikan di beberapa daerah di Madura.

Pasca-gempa, tiga warga di Sumenep dikabarkan meninggal tertimpa reruntuhan bangunan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Rahman menginformasikan, dua dari tiga korban itu adalah Nur Kamilia (7) dan Nadhar (55). Keduanya asal Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep.

"Yang jelas saat ini masih dua korban. Yang satu masih identifikasi," kata Rahman kepada Kompas.com.

Menurut BPBD, saat gempa terjadi, korban sedang tertidur dan tak sempat menyelamatkan diri sehingga tertimpa bangunan yang roboh.

Selain korban jiwa, banyak bangunan milik warga mengalami kerusakan, khususnya di Kecamatan Gayam Pulau Sapudi, Bluto, Kalianget, dan Kecamatan Batang-Batang.

Baca Juga: Tiga Warga Sumenep Meninggal Dunia akibat Gempa di Situbondo

3. Para korban luka dirawat di Puskesmas

Petugas TNI dan Polri mendata rumah warga yang terdampak gempa di Kecamatan Nonggunong, Kepulauan Sepudi, Sumenep, Jatim, Kamis (11/10). Data BMKG, gempa bermagnitudo 6,4 di 61 km sebelah timur laut Kabupaten Situbondo pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.44.57 WIB dengan kedalaman 10 km itu merusak puluhan rumah dan sejumlah korban jiwa di Pulau Raas dan Sepudi.ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRI Petugas TNI dan Polri mendata rumah warga yang terdampak gempa di Kecamatan Nonggunong, Kepulauan Sepudi, Sumenep, Jatim, Kamis (11/10). Data BMKG, gempa bermagnitudo 6,4 di 61 km sebelah timur laut Kabupaten Situbondo pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.44.57 WIB dengan kedalaman 10 km itu merusak puluhan rumah dan sejumlah korban jiwa di Pulau Raas dan Sepudi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com