Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA POPULER: Harga Premium Batal Naik hingga Somasi Roy Suryo

Kompas.com - 11/10/2018, 07:07 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Editor

KOMPAS.com - Berita apa saja yang menarik perhatian pembaca Kompas.com sepanjang Rabu (10/10/2018) kemarin?

Berikut ini rangkuman sejumlah berita terpopuler kemarin yang perlu Anda simak.

1. Harga premium batal naik

Presiden Joko Widodo membatalkan rencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menaikkan harga bahan bakar jenis premium.

Pengumuman tentang kenaikan harga itu awalnya disampaikan oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan di Bali, Rabu siang.

"Untuk Jamali (Jawa, Madura, dan Bali) harga per liter jadi Rp 7.000. Sementara di luar Jamali jadi Rp 6.900," kata Jonan di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Bali.

Baca juga: Jonan: Pukul 18.00 WIB, Harga Premium Naik Jadi Rp 7.000

Penetapan harga itu didasarkan pada harga salah satu acuan minyak dunia, yaitu Brent, sudah lebih di atas 80 dollar AS per barrel.

Pada Rabu sore, Presiden Jokowi meminta Kementerian ESDM menghitung secara cermat dinamika harga minyak internasional, termasuk neraca migas secara keseluruhan.

Presiden juga meminta Kementerian Keuangan menganalisis kondisi fiskal secara keseluruhan agar tiap kebijakan yang dikeluarkan, termasuk harga BBM, tetap dalam koridor menjaga kesehatan fiskal.

Baca juga: Dapat Arahan dari Jokowi, Harga Premium Batal Naik Hari Ini

2. Viral video relawan di Palu diusir

Di tengah upaya pemulihan kondisi pascagempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, muncul video yang memperlihatkan rencana pemindahan posko relawan penanganan bencana di sana.

Dalam video itu, tampak seorang relawan menyatakan bahwa mereka diusir dari halaman kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palu setelah ada laporan bahwa barang-barang di kantor tersebut hilang. Para relawan menjadi tertuduh dalam kejadian itu.

Menanggapi itu, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyatakan bahwa Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyatakan tidak ada kata mengusir para relawan.

Menurut Sutopo, Longki meminta Kepala BPBD Sulteng untuk mengatur dan merelokasi relawan di kantor Bappeda ke kantor BPBD Sulteng. Alasannya, kantor Bappeda akan dipakai oleh pegawai negeri sipil yang sudah mulai aktif sejak Senin (8/10/2018).

Baca juga:
- Video Pengusiran Relawan di Palu Viral di Medsos, Ini Penjelasan BNPB
- BNPB: Tak Ada Pengusiran Relawan BPBD di Kantor Bappeda Palu

3. Amien Rais minta Tito dicopot

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mencopot Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian.

Amien tidak menjelaskan secara jelas mengapa meminta hal tersebut. Ia menyebutkan, jika ada oknum yang tidak benar, oknum itu pantas diganti.

Rabu kemarin, Amien diperiksa sebagai saksi oleh Polda Metro Jaya dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoaks yang dilakukan oleh aktivis Ratna Sarumpaet.

Baca juga: Amien Rais Minta Jokowi Copot Kapolri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com