Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Calon TKW Diberi Pil Anti Hamil Saat Berada di Tempat Penampungan

Kompas.com - 10/10/2018, 21:45 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Reni Susanti

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akhirnya memulangkan tiga orang calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) kembali ke kampung halaman mereka, setelah berhasil kabur dari tempat penampungan mereka di Medan, Sumatera Utara.

Tiga orang calon TKW yang masih di bawah umur tersebut berinisial FS asal Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), LS asal Kabupaten Kupang, dan SA asal Kabupaten Malaka.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, langsung menjemput tiga calon TKW tersebut di rumah seorang warga Medan yang bersedia memberi tumpangan sementara.

Tiga calon TKW itu, sempat berada di tempat penampungan para tenaga kerja di Medan selama seminggu.

Baca juga: 3 Calon TKW yang Hendak Dijadikan PSK Berhasil Menyelamatkan Diri

"Saat berada di Medan, mereka tinggal di sebuah rumah penampungan yang tidak diketahui tiga orang calon TKW ini," ungkap Josef kepada sejumlah wartawan, Rabu (10/10/2018).

"Mereka sudah seminggu berada di Medan dan lebih celakanya lagi, mereka mulai dirayu dan bahkan dikasih pil anti hamil, sehingga mereka takut," sambung Josef.

Menurut Josef, jika sudah diberi pil anti hamil, pasti akan dijadikan pekerja seks komersil. Mereka ini adalah gadis yang lugu.

Terhadap kejadian ini, sambung Josef, dirinya meminta polisi melacak pelaku yang mengirim tiga calon TKW ini.

"Saya dan pak Viktor (Gubernur NTT Viktor Laiskodat) tak henti-hentinya akan bekerja sama dengan kepolisian dan Migran Care untuk menyelesaikan persoalan ini,"imbuhnya.

Pihaknya juga akan melakukan moratorium pengiriman tenaga kerja ke luar negeri, supaya persoalan ini bisa dibenahi bersama.

Baca juga: Sakit Tenggorokan, TKW Asal Ngawi Meninggal di Hongkong

Sebelumnya diberitakan, tiga orang calon TKW asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang hendak dijadikan PSK di Medan, Sumatera Utara, berhasil menyelamatkan diri

Ketiganya berhasil selamat setelah berusaha sekuat tenaga melarikan diri dari tempat penampungan pelaku human trafficking di Kota Medan.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi yang menerima informasi tersebut dari seorang biarawati yang bertugas di Medan kemudian menjemput ketiganya, Minggu (7/10/2018).

Josef bersama ketiganya serta rombongan lain tiba di Bandara El Tari Kupang, Senin (8/10/2018) malam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com