Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbelit Utang, Ibu Jual Bayi 11 Bulan Seharga Rp 15 Juta

Kompas.com - 09/10/2018, 18:08 WIB
Achmad Faizal,
Khairina

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Di hadapan polisi, Larisa Anggraeni (22) menyesali perbuatannya. Dia mengaku kehilangan akal saat menawarkan bayinya yang berusia belum genap setahun itu melalui media sosial.

Sebagai isteri siri, warga Bulak Rukem Surabaya itu mengaku tidak lagi mampu membesarkan anak ketiganya. Dia juga mengaku sedang terbelit hutang dari arisan online yang diikutinya.

Larisa pun lantas berkonsultasi melalui akun instagram @konsultasihatiprivat yang dioperatori Alton Phinandita Prianto (29).

"Larisa berniat menjual anaknya yang masih berusia 11 bulan," kata Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran, Selasa (9/10/2018).

Dari curhat Larisa, Alton lalu menghubungi seorang bidan di Badung, Bali bernama Ni Ketut Sukarwati.

Bidan tersebut lah yang akan mempertemukan Larisa dengan pembeli bayi bernama Ni Nyoman Sirait.

Baca juga: Anak Keempat Zaskia Adya Mecca Mengidap Asma

Di Bali, Larisa, Alton, Ni Ketut Sukarwati dan Ni Nyoman Sirait bertemu. Larisa memberikan bayinya kepada Ni Nyoman Sirait.

Pembeli lantas memberikan uang sebesar Rp 15 juta kepada Larisa. Alton dan Ni Ketut Sukarwati juga mendapatkan bagian sebagai perantara.

Keempat orang tersebut kini diamankan di Mapolrestabes Surabaya. Keempatnya terancam hukuman pidana penjara selama maksimal 15 tahun, atas pelanggaran pasal 83 Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2014, tentang Perlindungan Anak.

"Mengadopsi anak itu boleh-boleh saja, asal sesuai prosedur melalui pengadilan yang menentukan, bukan dengan jual beli," terang Sudamiran. 

Kompas TV Warga mengaku masih kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com