Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemput Warga Garut dari Palu, Wabup Usul Ada Diskon Ongkos Pesawat

Kompas.com - 09/10/2018, 06:44 WIB
Ari Maulana Karang,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengusulkan agar maskapai yang melayani penerbangan ke Palu, Sulawesi Tengah, bisa memberi diskon kepada korban gempa dan tsunami di Palu.

"Iya, kalau bisa ada diskon, bisa meringankan juga," kata Helmi sambil tersenyum saat menerima kedatangan 20 warga Garut yang berhasil dipulangkan Pemkab Garut, Senin (8/10/2018) malam.

Helmi menuturkan, sampai saat ini saja Pemda Garut telah memulangkan 158 orang warga Garut dari Palu. Selasa (9/10/2018) pagi, satu rombongan berjumlah 15 orang juga akan tiba di Garut.

"Kalau nunggu penerbangan pakai pesawat Hercules kan lama, karena banyak yang mau naik, makanya kita pakai pesawat komersial," katanya.

Baca juga: Kebijakan Khusus Menteri Agama untuk IAIN Palu yang Rusak Akibat Gempa

Helmi sendiri belum bisa memastikan berapa jumlah warga Garut yang ada di Palu. Saat ini, Pemda Garut terus melakukan pendataan dan memantau warga Garut di Palu dan sekitarnya.

"Kita sudah buka posko di Bandara Soekarno Hatta dan Halim. Di Garut, kita buka posko pengaduan bagi masyarakat yang keluarganya masih ada di Palu dan ingin pulang," ujarnya.

Menurut Helmi, Pemkab akan terus melakukan pemantauan hingga nantinya bisa dipastikan semua warga Garut sudah aman.

"Alhamdulilah, warga Garut tidak sampai ada yang jadi korban jiwa, semua selamat," katanya.

Meski dalam kondisi sehat, Helmi melihat warga Garut yang dipulangkan mengalami trauma. Makanya, pihaknya akan melakukan pendampingan psikologis bagi mereka.

Sebanyak 20 orang warga Garut tiba di kampung halaman pada Senin (8/10/2018) malam dengan menumpangi pesawat tujuan Bandung. Dari Bandung, mereka diangkut menggunakan bus menuju kantor Bupati Garut.

Baca juga: 4 Fakta di Balik Kasus Penjarahan di Palu, Pelaku Bukan Korban hingga DItembak Polisi

Sesampainya di kantor bupati, mereka pun diterima Wakil Bupati Garut dan kemudian menjalani pemeriksaan dan pendataan. Setelah selesai, mereka pun langsung diangkut oleh camat yang akan mengantar mereka sampai rumah.

"Yang sekarang tiba, dari enam kecamatan yaitu, Bayongbong, Garut Kota, Samarang, Pamengpeuk, Sukaresmi dan Limbangan, sekarang langsung dijemput camatnya," jelas Kepala Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika, Riky Darajat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com