Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin: Danau Toba Itu Indah Sekali, Tak Ada Tandingannya...

Kompas.com - 08/10/2018, 13:01 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

BALIGE, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden RI nomor urut 01 Ma'ruf Amin menilai bahwa langkah pemerintahan Presiden Joko Widodo menetapkan Danau Toba, Sumut, menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata utama Indonesia sudah tepat.

"Danau Toba memang sangat indah dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga dapat dimaksimalkan menjadi destinasi wisata internasional," katanya di tepi Danau Toba, Balige, Sumatera Utara, Sabtu (6/10/2018).

Baca juga: Maruf Amin: Jangan Minder, Banyak Pemimpin dari Kalangan Santri

Menurut dia, Indonesia beruntung memiliki Danau Toba yang memiliki panorama alam indah serta didukung budaya masyarakat di sekitarnya yang menguatkan daya tariknya sebagai destinasi wisata unggulan.

"Danau Toba itu indah sekali. Luar biasa. Tidak ada tandingannya," katanya lagi.

Ma'ruf juga mengaku sudah melihat Danau Toba dari sejumlah sisi dan berkunjung pula ke Pulau Samosir.

Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf juga mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang menetapkan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata utama kelas dunia di Indonesia.

"Program Pemerintahan Presiden Jokowi sepatutnya mendapat dukungan masyarakat untuk pengembangan daya dukungnya," katanya.

Baca juga: Kelakar Maruf Amin Saat Diberi Kain Ulos

Wisata Danau Toba yang berkembang, lanjut dia, akan berimplikasi pada peningkatan perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Namun demikian, menurut dia, agar dapat menjadi destinasi wisata utama kelas dunia, maka berbagai fasilitas dan infrastruktur penunjang harus dibangun, yakni bandara dan jalan raya. Presiden Joko Widodo, lanjut dia, sudah membangun Bandara Internasional Silangit di Balige.

"Saat ini, saya mendengar keluhan bahwa jalan raya menuju ke Danau Toba dan Pulau Samosir masih kurang lebar," katanya.

Baca juga: Prabowo: Jangan Sebar Ujaran Kebencian...

Ma'ruf menambahkan, ketika penerbangan dari berbagai kota menuju ke Bandara Silangit makin ramai, maka jumlah wisatawan yang datang pun makin banyak, maka jalan raya harus dibuat lebih lebar.

Dia berharap, masyarakat dapat mendukung Presiden Joko Widodo untuk memimpin Indonesia dua periode, sehingga pembangunan dan pengembangan jalan raya menuju Danau Toba dapat terlaksana dengan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com