Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 4,5 di Sarmi, BMKG Minta Warga Hindari Hoaks

Kompas.com - 08/10/2018, 12:44 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SARMI, KOMPAS.com - Gempa magnitudo 4,5 terjadi di Kabupaten Sarmi, Papua, Senin (8/10/2018) sekitar pukul 11.01 WIT.

Dari catatan BMKG, episenter gempa bermagnitudo 4,5 ini terletak pada koordinat 1,53 LS-138,76 BT tepatnya di laut pada jarak 38 kilometer arah timur laut Kabupaten Sarmi dengan kedalaman 7 kilometer.

Dampak gempa berupa guncangan yang dirasakan di Kabupaten Sarmi dalam skala intensitas II MMI (I SIG-BMKG). Peristiwa ini juga tak berpotensi tsunami.

"Ditinjau dari episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa di daerah subduksi utara Papua," ungkap Kepala Balai Besar Wilayah V Jayapura. Petrus Demon Sili.

Baca juga: Pascagempa dan Tsunami, Sulteng Diguncang 546 Gempa Susulan

Petrus menegaskan, agar masyarakat tak terpancing informasi sesat pascagempa. Dari hasil monitoring BMKG, hingga pukul 13.20 WIT, tidak terjadi gempa susulan.

"Untuk itu masyarakat diimbau tetap tenang. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai diimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com