Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Riau Tangkap Perempuan Penyebar Hoaks Gempa di Jakarta dan Jawa

Kompas.com - 04/10/2018, 15:06 WIB
Idon Tanjung,
Khairina

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Riau menangkap seorang wanita berinisial ML yang menyebarkan informasi hoaks di media sosial Facebook.

Postingan itu berisi, di Jakarta dan Jawa akan terjadi gempa susulan dengan kekuatan dahsyat.

"Pelaku membuat kabar hoaks di akun Facebook-nya berinisial LI (Lini Ilham). Postingan hoaks pelaku ini sangat meresahkan masyarakat," ucap Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (4/10/2018).

Dia mengatakan, pelaku ditangkap di rumahnya di Jalan Patin, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, Rabu (3/10/2018).

Saat ini, pelaku diamankan di Dit Reskrimsus Polda Riau untuk menjalani pemeriksaan penyidik.

Baca juga: Ini Imbauan Polri Terkait Hoaks

Sunarto menyampaikan, penangkapan pelaku penyebar hoaks ini berdasarkan tindak lanjut terkait adanya laporan informasi dari Bareskrim Polri tentang penyebaran informasi hoaks gempa Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Pelaku mengunggah berita hoaks sejak Selasa 25 September lalu. Kemudian, berita hoaks diunggah lagi pada Sabtu 29 September dan terakhir Selasa 2 Oktober 2018. Pelaku juga menyebarkan berita hoaks terkait gempa di Palu. Selanjutnya, pelaku membuat kabar hoaks bahwa akan terjadi gempa susulan," jelas Sunarto.

Polda Riau menyelidiki akun Facebook atas nama Lini Ilham tersebut. Diketahui, ia warga Pekanbaru.

Setelah ditangkap polisi, pelaku mengaku membuat post itu untuk mendapatkan komentar dari teman-teman di media sosialnya.

"Motif pelaku dengan tujuan ingin dibaca dan diketahui oleh teman-temannya di Facebook dan berharap dapat banyak komentar," kata Sunarto.

Selain itu, tambah dia, pelaku juga mengaku hanya ikut-ikutan dan ditujukan untuk teman-teman Facebook yang ada di grup Facebook Prabowo For NKRI.

Berikut ini salah satu postingan hoaks akun Facebook Lini Ilham:

"Ketahanan bumi ini sudah semakin lemah... karna terlalu banyak bangunan yg bertingkat2 dan dibuat dan tol2 sehiny bencana bertubi2 datangnya. Ini karna akhir zaman...gempa demi gempa saling bersahutan di berbagai provinsi. Ini untuk saling mengingatkan agar bertobatlah penghianat negara...dan karna prediksi BMKG JAKARTA dan jawa sekitarnya akan terjadi gempa susulan dg kekuatan 8,6. Tetapi tidak tau kapan terjadinya... Persiapan utk siaga saja.. Dan berdoa semoga selamat dari bencana ini."

Kompas TV Empat pelaku ditangkap di daerah berbeda yakni Lombok Timur, Batam, Sidoarjo dan Manado.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com