Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rebut Markas Goliat Tabuni, 2 Anggota KKB Tewas Ditembak TNI

Kompas.com - 02/10/2018, 13:00 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba,
Reni Susanti

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pasukan TNI berhasil merebut markas pimpinan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB/KKB) Goliat Tabuni di Kampung Gubuleme, Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (2/20/2018).

Pasukan Satgas Penegakan Hukum yang dipimpin Lettu Inf Angga itu juga berhasil melumpuhkan dua anggota Goliat Tabuni hingga tewas, salah satunya ajudannya.

Kini markas Panglima KKSB atau yang selama ini disebut Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu telah diduduki TNI.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf M Aidi mengungkapkan, walau markas Goliat Tabuni telah dikuasai dan kelompok KKSB dipukul mundur, namun mereka masih melakukan tembakan kepada anggota TNI.

Baca juga: Lagi, Seorang Pria Ditangkap karena Jual Senjata Api ke KKB di Papua

"Kelompok KKSB terus melancarkan gangguan tembakan ke arah kedudukan pasukan TNI. Kadang-kadang terdengar tembakan 2-3 kali lalu menghilang beberapa jam kemudian terdengar lagi dari jarak yang cukup dekat," ungkap Kolonel Aidi, Selasa siang.

Dua anggota Goliat Tabuni, ungkap Aidi, tewas saat mencoba menyerang anggota TNI.

"Karena itu prajurit TNI berinisiatif bergerak mendekat ke arah sumber suara tembakan. Prajurit kami mendapat gangguan tembakan bukan kabur atau lari menghindar. Tetapi justru semakin semangat mencari dan mendekati sumber suara tembakan tersebut," tuturnya.

"Meskipun sebenarnya tenaga mereka telah terkuras karena siang hari mereka kontak tembak dengan musuh. Dan malam ini pun mereka tidak tidur bergerak menerobos gelapnya malam mengarungi tebing dan jurang pegunungan Tingginambut yang sangat ekstrim," ujarnya.

Baca juga: Polisi dan Anggota KKB Terlibat Baku Tembak di Puncak Jaya

Ia menuturkan, sekitar pukul 06.00 WIT, akhirnya anggota menemukan kedudukan KKSB sehingga baku tembak tidak dapat dihindari. Kekuatan mereka cukup besar termasuk senjatanya.

"Hanya saja tidak bisa memperkirakan berapa jumlahnya dan berapa pucuk senjatanya, yang jelas mereka memberikan perlawanan cukup ramai," katanya.

"Juga belum diketahui apakah di dalam kelompok tersebut ada Goliat Tabuni atau tidak karena cuaca gelap dan medan tertutup," tutur Aidi.

Saat angota berhasil mendesak KKSB, lanjut Aidi, mereka kabur secara terpencar dan tetap melancarkan tembakan.

Taktik seperti ini yang selalu mereka gunakan, menganggu dengan tembakan kemudian kabur.

Mereka menguasai medan dan hafal jalan-jalan pelolosan, pasukan TNI tidak dapat melanjutkan pengejaran karena beratnya medan.

Baca juga: KKB Kembalikan 4 Senjata TNI yang Dirampas Saat Kawal Tim Papua Terang

"Setelah situasi dan medan berhasil dikuasai dan dikendalikan, pasukan TNI melaksanakan pembersihan dan ditemukan 2 orang anggota KKSB tewas serta 2 pucuk senjata laras panjang jenis FNC," ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com