Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas Selamatkan 1 Orang Terjepit Puing Gedung Mandala Finance

Kompas.com - 02/10/2018, 10:28 WIB
Agie Permadi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Tim Basarnas menemukan korban selamat pada puing gedung Mandala Finance, Jalan Soekarno Hatta, Kota Palu, Senin (1/10/2018). Korban diketahui bernama Sapri Nusin (38). 

"Kami menemukan dan mengevakuasi kepada Cabang Mandala Finance dalam keadaan selamat," kata Humas dan Protokoler Basarnas Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, Selasa (2/10/2018). 

Dalam video yang dikirimkan joshua, tampak aksi heroik anggota Basarnas tengah menyelamatkan korban yang tertutup puing bangunan. Terlihat korban yang tampak lemah dan panik.

Anggota berusaha menenangkan korban untuk kemudian diangkat dan dievakuasi dari puing-puing bangunan tersebut. 

Baca juga: Korban Meninggal Gempa dan Tsunami Palu Capai 925 Jiwa, 799 Luka-luka

Menurut Joshua, korban langsung dievakuasi dan dibawa ke RS Korem. Sementara proses pencarian masih berlangsung, tim melakukan pemantauan di Gedung Mandala Finance.

"Saat ini pencarian masih dilanjutkan," katanya. 

Untuk pencarian di Pantai Talise dilanjutkan dengan melakukan pemantauan di pesisir pantai. 

Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 7,4 yang disusul tsunami, melanda kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) sore.

Hingga hari ketiga, korban meninggal yang berhasil dievakuasi sebanyak 925 jiwa. Sementara untuk jumlah pengungsi sebanyak 59.450 jiwa yang terpapar di 109 titik.

"Sementara luka-luka sebanyak 799 jiwa. Sementara untuk korban yang hilang sebanyak 99 jiwa," kata Kolonel Inf Thohir di posko utama Korem 132.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com