Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakaan Bus yang Tewaskan 4 Siswa SMP di Tol Pejagan-Kanci

Kompas.com - 01/10/2018, 15:59 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Kepolisian Brebes, Jawa Tengah, menjelaskan kronologi sementara kecelakaan bus pariwisata bernomor polisi AE 7277 UP yang mengalami kecelakaan di ruas tol Pejagan-Kanci KM 236,8 arah barat atau Jakarta, pada Senin (1/10/2018) dini hari pukul 00.30 WIB.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari para saksi, bus wisata keluar jalur tol masuk area persawahan karena sang sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraan.

"Kronologi sementara, bus yang kecelakaan itu posisinya yang paling belakang,” ujar Kasatlantas Polres Brebes Ajun Komisari Polisi M Rikha Zulkarnaen, saat dihubungi, Senin (1/10/2018).

Ia menerangkan, kecelakaan bus bernomor polisi AE 7277 UP itu berada di posisi paling belakang dari 5 bus rombongan SMP Pulokulon, Kabupaten Grobogan. Bus berisi 48 orang, yaitu 41 siswa, 3 guru, 2 perwakilan biro dan 2 kru bus.

“Rombongan busnya ada 5 bus. Bus yang paling belakang hilang kendali terperosok di jalanan lurus, lalu jatuh di area persawahan di bawah tol," tambahnya.

Baca juga: Ini Identitas 4 Siswa SMP Grobogan yang Tewas Kecelakaan Bus

Sebelum terjadinya kecelakaan, bus sempat menyenggol rambu di sebelah kiri jalan tol. Setelah diperiksa, ada bekas seperti gesekan ban di permukaan jalan tol. Setelah 100 meter berjalan, bus kemudian terperosok jatuh ke samping badan jalan.

Keterangan itu diperoleh dari pemeriksaan terhadap sopir dan kondekturnya, serta sejumlah saksi lainnya.

Sejauh ini, ada 4 siswa SMP tersebut yang dipastikan telah meninggal. Sementara belasan korban lain menderita luka-luka.

Adapun identitas keempat korban meninggal, antara lain Mohamad Mafhut Ahsan (13), Rukma Sari (13), Akhirat Mufti Syahbana (14) dan Fidya Kastarena (13).

"Jenazah para korban di RS Gunung Jati, Cirebon. Untuk korban luka dirawat di RS Plumbon. Bus sudah dievakuasi pagi tadi dan lalu lintas sudah lancar," tambahnya.

Baca juga: Kecelakaan Bus Siswa SMP, Polisi Amankan Supir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com