Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antrean Panjang di Jalur Poso-Palu

Kompas.com - 01/10/2018, 14:05 WIB
Amran Amir,
Khairina

Tim Redaksi

PARIGI, KOMPAS.com – Jalur Trans Sulawesi dari Poso ke Palu mengalami antrean panjang.

Antrean terjadi di kebun kopi, area di atas pegunungan yang menghubungkan kabupaten Parigi dengan kota Palu.

Salah satu relawan yang juga ASN di Balai Taman Nasional Lore Lindu Palu, Fandi mengatakan, kondisi jalan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat namun terjadi antrean panjang.

“Perjalanan dari palu ke Parigi sudah bisa dilalui kendaraan roda 2 dan 4 tapi kendaraan mengular atau mengantre sehingga butuh waktu perjalanan selama 5 jam di atas kebun Kopi dari Karumba Palu hingga Toboli Parigi,” kata Fandi, Senin (01/10/2018) saat dikonfirmasi via telepon selulernya.

Baca juga: Luhut: Gempa dan Tsunami di Sulteng Tak Ditetapkan Bencana Nasional

Menurut Fandi, untuk menempuh perjalanan Parigi – Palu ataupun sebaliknya harus menyiapkan bahan Bakar Minyak (BBM) karena sangat susah untuk mendapatkan BBM dari Poso hingga Palu.

“Pengendara harus memastikan BBM terisi penuh dan menyiapkan BBM sebanyak mungkin untuk melakukan perjalanan,” ucapnya.

Fandi mengatakan bahwa saat melakukan evakuasi, salah satu rekannya yang bekerja di Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Parigi Moutong, meninggal dunia bersama anaknya di Palu.

“Rekan kami Athy Kifli Salumpu meninggal dunia bersama anaknya yang kedua,dia tak sempat lagi menyelamatkan diri saat gempa, beruntung suaminya dan satu anaknya masih selamat,”ujarnya.

Kompas TV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan memfokuskan empat hal dalam langkah tanggap darurat setelah terjadi gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.  
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com