Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Maluku Kirim Teknisi untuk Pulihkan Jaringan Listrik di Palu dan Donggala

Kompas.com - 30/09/2018, 17:17 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - PT PLN Wilayah Maluku dan Maluku Uatara, Minggu (30/9/2018), mengirimkan sejumlah teknisi ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, untuk memulihkan sistem kelistrikan yang mengalami gangguan parah pascagempa dan tsunami di wilayah tersebut.

Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Maluku-Maluku Utara, Ramli Malawat, mengatakan, pengiriman tenaga teknik ke Donggala dan Palu yang terdampak bencana dilakukan untuk memperbaiki jaringan listrik yang mengalami gangguan pascagempa.

“Ada 16 tenaga teknik yang dikirim ke Donggala dan Palu hari ini,” kata Ramli kepada waratwan, Minggu.

Baca juga: PMI Kirim Bantuan Logistik ke Palu

Dia mengatakan, selain dari PT PLN Maluku-Maluku Utara, tim teknik yang dikirim juga berasal dari PLN Unit Induk Pembangkit (UIP) Maluku.

Sebanyak 16 orang yang dikirim ke Sulawesi Tengah itu memiliki kompetensi pembangkitan, pemeliharaan Jaringan Tegangan Rendah dan Jaringan Tegangan Menengah serta Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

PLN Maluku dan Unit Induk Pembangkit Maluku memberangkatkan 16 teknisi ke Palu, Sulawesi Tengah untuk memperbaiki kerusakan jaringan listrik di wilayah tersebut, Minggu (30/9/2018)Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty PLN Maluku dan Unit Induk Pembangkit Maluku memberangkatkan 16 teknisi ke Palu, Sulawesi Tengah untuk memperbaiki kerusakan jaringan listrik di wilayah tersebut, Minggu (30/9/2018)

Sementara itu, General Manager PLN UIP Maluku Jonner M Pardosi mengatakan, rencananya tenaga yang akan diberangkatkan ke Sulaewsi Tengah akan ditambah menjadi 50 orang.

Puluhan tenaga teknis itu yang akan dikirim nanti merupakan gabungan tenaga teknisi dari region Maluku dan Papua

"Kami akan berusaha secara maksimal untuk membantu percepatan pemulihan pasokan listrik di sana," ujar Pardosi.

Baca juga: Gempa Donggala dan Palu, Ini Lokasi Layanan Telepon dan Internet Gratis

Ada pun prioritas dalam penanganan pasca musibah tersebut antara lain pemulihan kelistrikan di sejumlah layanan publik seperti rumah sakit, tempat penampungan pengungsi, instalasi air bersih, serta objek-objek vital lainnya.

Kepada para teknisi yang diberangkatkan, ia berpesan agar tetap menjaga keselamatan saat menjalankan tugas di lokasi bencana.

"Jaga kekompakan dan utamakan keselamatan, karena keselamatan adalah hal yang paling utama. Tenaga anda sangat dibutuhkan oleh rekan-rekan kita di Palu dan Donggala," ujar Jonner saat melepas tim relawan di Bandara Pattimura Ambon.

.

.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: #PrayForPalu #PrayForDonggala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com