Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengar Isu Tsunami, Warga di Pasangkayu Mengungsi ke Pegunungan

Kompas.com - 30/09/2018, 09:18 WIB
Junaedi,
Dian Maharani

Tim Redaksi

PASANGKAYU, KOMPAS.com – Sejumlah warga di Kecamatan Bambalamotu dan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat memboyong keluarga dan anak-anak mereka ke wilayah pegunungan, sejak Jumat (28/9/2018) malam.

Mereka mengungsi membawa perbekalan dan perlengkapan tenda seadanya karena mendengar adanya isu gelombang tsunami pascagempa berkekuatan 7,4 magnitudo di Donggala dan sekitarnya.

“Katanya akan ada gelombang tsunami makanya keluarga dan anak-anak kita ungsikan ke gunung,” jelas Asri, warga setempat saat ditemui di lokasi, Minggu (30/9/2019).

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Kunjungi Korban Gempa dan Tsunami di Palu

Dengan menggunakan peralatan seadanya, ratusan warga di Kecamatan Bambalamotu ini mendirikan tenda darurat dari terpal plastik yang mereka bawa sendiri.

Adapun hingga saat ini tidak ada peringatan tsunami di kawasan tersebut. Meski demikian, warga sudah panik mendapat informasi yang simpang siur.

Kecamatan Bambalamotu dan Pasangkayu merupakan wilayah yang dekat dari Kecamatan Donggala, Palu. Di kawasan tersebut terdapat puluhan rumah warga dan fasilitas umum yang ambruk akibat gempa.

Warga berharap segera ada bantuan tenda dan dapur umum, mengingat banyak anak-anak hingga lansia yang mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com