Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 BERITA TERPOPULER NUSANTARA: Dampak Gempa dan Tsunami hingga Penolakan Jalan Sehat Jokowi di Solo

Kompas.com - 30/09/2018, 06:47 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berita terpopuler pada hari Sabtu (29/9/2018) mengulas dampak gempa di Donggala dan tsunami di Palu.

Sejumlah fakta yang muncul setelah gempa 7,4 magnitudo mengguncang Donggala menggambarkan kedahsyatan peristiwa alam pada hari Jumat (28/9/2018). Ratusan orang dikabarkan meninggal dunia dan ribuan warga harus mengungsi.

Selain gempa, topik penolakan sejumlah warga di Solo terhadap acara Jalan Sehat Bersama Jokowi di Car Free Day di Solo juga menjadi sorotan.

Berikut 5 berita terpopuler di Kompas.com hari kemarin.

1. Gempa bumi di Donggala, Sulawesi Tengah berkekuatan 7,4 magnitudo

Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).BNPB-Sutopo Purwo N Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Gempa pada hari Jumat (28/9/2018) petang itu menyebabkan tsunami. Menurut BMKG, tsunami itu terjadi setidaknya di tiga wilayah, yaitu Palu, Donggala, dan Mamuju.

Dampak kerusakan begitu hebat sehingga membuat akses jalan dan komunikasi di Donggala dan Palu lumpuh. Kepanikan warga tak terbayangkan ketika gempa terjadi dan tsunami menerjang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa di Donggala memiliki karakter yang berbeda dengan gempa di Lombok.

Bantuan teriring doa terus mengalir bagi para korban bencana di Donggala dan Palu.

Baca berita selengkapnya: Fakta Gempa Donggala dan Tsunami Palu, dari Jenazah di Pantai hingga Bantuan Pemerintah

2. Jenazah mengapung di laut

Warga berjalan melewati jenazah korban yang meninggal karena tsunami menghantam pesisir Kota Palu, Sabtu (29/9/2018). Hari Jumat kemarin, gempa dan tsunami mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, terutama di Kabupaten Donggala dan Kota Palu. Sampai dengan hari Sabtu pukul 13.00, jumlah korban meninggal hanya di Kota Palu saja sementara mencapai 384 orang.AFP PHOTO / OLA GONDRONK Warga berjalan melewati jenazah korban yang meninggal karena tsunami menghantam pesisir Kota Palu, Sabtu (29/9/2018). Hari Jumat kemarin, gempa dan tsunami mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, terutama di Kabupaten Donggala dan Kota Palu. Sampai dengan hari Sabtu pukul 13.00, jumlah korban meninggal hanya di Kota Palu saja sementara mencapai 384 orang.

Seorang korban bencana melihat langsung ratusan korban meninggal dunia berserakan di Pantai Talisa, Kota Palu, pasca-tsunami.

“Banyak mayat berserakan di pantai dan mengambang di permukaan laut,” kata Nining saat dihubungi Kompas.com di lokasi pengungsian gedung DPRD Kota Palu, Sabtu (29/9/2018).

Menurut dia, kondisi korban meninggal dunia sangat memprihantinkan. Jenazah dilaporkan bercampur dengan puing-puing material yang beserakkan.

Usaha evakuasi para korban pun terus dilakukukan.

Baca berita selengkapnya: Saksi Mata Sebut Banyak Korban Meninggal Dunia di Pantai Talise Palu

3. Fakta di balik kepanikan warga saat gempa terjadi

Petugas medis mengobati warga yang terluka akibat gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). dok BNPB Petugas medis mengobati warga yang terluka akibat gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com