Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2018, 18:26 WIB
Agie Permadi,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengirimkan tim untuk melakukan pemetaan kerusakan geologi di daerah yang terkena gempa berkekuatan magnitudo 7,4 dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) lalu.

“Tim baru diberangkatkan tadi pagi, tim akan memetakan kerusakan geologi. Karena ini cukup besar artinya pasti banyak kerusakan geologi atau retakan,” kata Kasi Mitigasi Bencana Gempa dan Tsunami, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Sri Hidayati di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Sri, tim tak hanya melakukan pemetaan kerusakan geologi saja tapi juga akan berkoordinasi dengan masyarakat dan pemerintah daerah setempat, bagaimana mengantisipasi gempa dan tsunami, sebagai konsekuensi logis hidup di Indonesia yang berada pada posisi tektonis setingnya pertemuan lempeng.

“Konsekuensi logisnya ya kita harus siap dan beradaptasi dengan lingkungan kita,” katanya.

Baca juga: Gempa Sulteng, PLN Sediakan 8 Genset untuk Posko Pengungsian

Berdasarkan peta rawan bencana yang dikeluarkan PVMBG bahwa Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah ini masuk zona merah atau zona rawan gempa bumi tinggi.

Zona merah itu merupakan zona rawan bencana gempa bumi dengan intensitas guncangan diatas 8 MMI.

“Kalau gempa Lombok itu masih kisaran 8, kalau ini (gempa Palu dan Donggala) kisaran lebih dari 8 MMI,” ujar Sri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com