Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Kirim Logistik ke Palu dan Donggala

Kompas.com - 29/09/2018, 12:10 WIB
Khairina

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com-Palang Merah Indonesia (PMI) mengirim bantuan logistik tahap awal untuk membantu korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Selain ambulans, PMI mengirimkan mobil truk tangki air bersih hingga relawan.

"Kami mulai menyalurkan bantuan logistik kedaruratan sebagai bantuan tahap awal dan menjadi salah satu langkah prioritas penanganan PMI untuk membantu warga disana," kata Kepala Biro Sarana dan Prasarana Markas Pusat PMI Tia Kurniawan, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Tia, logistik yang dikirim berupa 200 Selimut, 200 tikar, 500 jeriken dan 200 sarung. Barang bantuan itu dikirim melalui gudang PMI regional Makasar, Sulawesi Selatan.

Sementara bantuan lain untuk mendukung kapasitas lokal dengan mengirimkan 100 rompi PMI dan uang operasional tanggap darurat  sebesar Rp100 juta.

Selanjutnya, semua bantuan barang logistik akan terus bertambah dari gudang regional di Makassar dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bantuan itu akan dikirim ke Donggala termasuk 15 armada truk tangki air bersih.

Sementara itu, Kepala Sub Tanggap Darurat PMI Pusat Ridwan Sobri Carman menambahkan sejauh ini yang dilakukan oleh PMI memobilisasi relawan dan ambulans untuk melakukan upaya evakuasi hingga melakukan upaya pertolongan pertama medis bagi korban luka.

"Kami terus melakukan koordinasi dalam upaya mendukung wilayah terdampak dengan berkoordinasi pemerintah setempat melalui PMI Provinsi Sulteng," tambahnya.

Kompas TV Inilah situasi terkini dari tepi pantai Kota Palu yang terdampak gempa dan tsunami, Sabtu (29/9).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com