Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Mahasiswa di Pekanbaru, Polisi Selidiki Dugaan Pelecehan 7 Polwan

Kompas.com - 25/09/2018, 15:19 WIB
Idon Tanjung,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Bentrokan mahasiswa dengan aparat kepolisian mengakibatkan sejumlah korban terluka.

Jumlah korban dari mahasiswa sebanyak 7 orang. Sementara korban dari kepolisian yang melakukan pengamanan sebanyak 7 orang. Mereka adalah polisi wanita (polwan).

Ada sekitar ribuan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Riau yang melakukan demo di depan kantor DPRD Riau di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Senin (24/9/2018) kemarin.

Demo tersebut dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional dan kesejahteraan petani di Riau menjadi salah satu perhatian mahasiswa.

Namun, demo tersebut berlangsung ricuh. Aksi saling dorong antara petugas dan mahasiswa tak terhindarkan.

Dugaan pelecehan

Berdasarkan keterangan tertulis Polresta Pekanbaru, Selasa (25/9/2018), enam orang polwan diduga menjadi korban pelecehan dan penganiayaan oleh oknum mahasiswa.

"Saat ingin menerobos blokade massa aksi langsung berhadapan dengan polwan sebagai lapisan pertama pengamanan. Saat itulah terjadi pelecehan dan penganiayaan oleh mahasiswa terhadap polwan yang melaksanakan pengamanan unjuk rasa tersebut," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto.

Baca juga: Unjuk Rasa Ricuh, 1 Mahasiswa dan 9 Polisi Terluka

Dia menyebutkan, enam orang polwan korban dugaan pelecehan seksual itu berinisial Brigadir LD, Bripda N, Aiptu RH, Bripda Z, Bripda M, Aiptu T dan Bripda S.

Para polwan, kata Santo, ada yang pingsan, mengalami sakit dada, bibir terluka, sakit pada kaki dan tangan dan sakit pada pinggang akibat terkena benda keras.

"Polwan yang menjadi korban dilarikan ke rumah sakit," sambung Santo.

Kronologi kejadian

Lebih lanjut, Santo menjelaskan, pengaman demo mahasiswa melibatkan Polresta Pekanbaru, Polda Riau, Satpol PP dengan jumlah sekitar 500 personel.

Seluruh personel sudah diimbau untuk mengamankan aksi unjuk rasa secara humanis.

Sekitar pukul 16.00 WIB, massa aksi masuk ke areal kantor DPRD Riau. Mahasiswa menerobos barisan petugas yang melakukan pengamanan di gerbang kantor wakil rakyat tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com