Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Jadi PNS, Ratusan Honorer Kategori 2 di Poso Berunjuk Rasa

Kompas.com - 24/09/2018, 18:57 WIB
Mansur,
Reni Susanti

Tim Redaksi

POSO KOMPAS.com - Seratusan honorer kategori II (K2) gabungan dari berbagai instansi di Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, berunjuk rasa, Senin (24/9/ 2018).

Aksi yang digelar di halaman kantor Bupati Poso tersebut menuntut Pemkab Poso diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam formasi penerimaan CPNS 2018.

Pantauan di lapangan, unjuk rasa itu tiba-tiba riuh saat seratusan pegawai honorer K2 memasuki halaman kantor Bupati Poso, sambil diiringi sirene mobil Satuan Polisi Pamong Praja.

Sambil berorasi, pengunjuk rasa membawa sejumlah karton putih berisi tuntutan agar Pemkab Poso perhatian terhadap nasib mereka. Sebab, sejak 2014, mereka mengabdi sebagai honorer kategori II (K2).

Baca juga: Tenaga Honorer yang Tak Lolos CPNS Tetap Bisa Jadi ASN

Di tengah unjuk rasa, bupati Poso menerima perwakilan pengunjuk rasa. Dalam pertemuan itu, perwakilan pengunjuk rasa menuntut, syarat batasan usia CPNS 2018 tidak berlaku bagi honorer K2. 

Seperti diketahui, seleksi CPNS 2018 mensyaratkan batas umur maksimal 35 tahun untuk peserta CPNS 2018. 

“Kami kurang lebih belasan tahun honor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Poso dan sampai saat ini kami Satpol PP maupun guru yang ada tidak mendapat kejelasan status kami untuk diangkat menjadi PNS,” Ungkap Erwin, perwakilan honorer K2.

Bupati Poso Darmin Agustinis Sigilipu berjanji menyurati pemerintah pusat agar keberadaan para honorer K2 di Poso dapat diperhatikan.

Menurut dia, apa yang dikeluhkan para honorer, merupakan hal wajar dan harus menjadi perhatian Pemda dan pemerintah pusat. Apalagi kejadian ini merata di Indonesia. 

Baca juga: Tuntut Jadi ASN, Honorer K2 dan Pemkab Pamekasan Akan Temui Menpan RB

“Kita akan coba nanti ya, merumuskan ini bagaimana mencari solusi khusus bagi honorer K2 yang memang sampai saat ini masih aktif," katanya.

"Kalau sudah tidak aktif, tidak tercatat di OPD-OPD mungkin kita tidak mampu untuk memperjuangkan. Yang kita ingin perjuangkan adalah teman-teman yang masih betul-betul aktif sampai saat ini,” ungkap Darmin. 

Sebelumnya, dalam formasi penerimaan CPNS 2018, Kabupaten Poso hanya mendapat jatah 193 orang. Sementara jumlah honorer K2 di Poso mencapai 2.000 orang.

Rendahnya jumlah penerimaan CPNS di Poso dikarenakan daerah itu dinilai memiliki 8.000 PNS, yang secara statistik paling besar di antara 12 kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com