Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Mulyadi: 23 Kepala Daerah di Jawa Barat Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 21/09/2018, 18:37 WIB
Farid Assifa

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Dedi Mulyadi menyatakan, sebanyak 23 kepala daerah di Provinsi Jawa Barat mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Bentuk dukungan tersebut, kata Dedi, adalah secara pribadi, bukan kelembagaan.

Menurut Dedi, rata-rata kepala daerah yang mendukung adalah mereka yang diusung partai-partai pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Kepada Kompas.com, Jumat (21/9/2018), Dedi menyebutkan, kepala daerah yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, yakni wali kota Banjar, bupati Kuningan, bupati dan wali kota Cirebon (belum dilantik), bupati Indramayu, bupati Subang, bupati Purwakarta, bupati dan wali kota Bekasi, dan bupati Kuningan.

Lalu bupati Majalengka, bupati Bogor, bupati Cianjur, bupati Sukabumi, wali Kota Cimahi, bupati Bandung Barat, bupati Bandung, bupati Sumedang, bupati Garut, bupati dan wali kota Tasikmalaya, bupati Ciamis, serta bupati Pangandaran.

Baca juga: Heuheuy Deudeuh, Strategi Dedi Mulyadi Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Jabar

Dikutip Antara, ia juga akan terus berkomunikasi dengan kepala daerah yang diusung oleh partai oposisi seperti Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana agar menjatuhkan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf.

"Saat bu Cellica mencalonkan diri sebagai Bupati Karawang saya mendukungnya secara personal dan menang. Wajar jika saat ini saya ajak dia secara personal," kata dia.

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang fokus melakukan konsolidasi internal kelembagaan untuk pemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Hari ini selesai dari aspek administrasi kita berkirim surat ke KPU Jawa Barat terkait susunan tim kampanye, seperti bendahara tim kampanye yang dijabat oleh Pak Waras. Jadi, regulasi mulai berjalan hari ini," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga akan fokus menggerakkan aspek sosial kultural atau pendekatan kerakyatan berbasis kebudayaan yakni dengan merekrut sejumlah tokoh masyarakat, seniman, budaya di Jawa Barat untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

Baca juga: Dedi Mulyadi Jadi Ketua Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin di Jabar

Ia mengatakan, susunan Tim Kampanye Daerah (TKD) pasangan capres dan cawaprew Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat juga menempatkan tokoh dan figur publik terkemuka.

Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan yang ditandatangani langsung oleh Erick Thohir selaku Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja dan sekretaris TKN Koalisi Indonesia Kerja, Hasto Kristiyanto.

Pada dewan penasihat tercantum tokoh senior Jawa Barat yang juga mantan Gubernur Jabar Solihin GP alias Mang Ihin dan Danny Setiawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com