Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai di Negeri "Laskar Pelangi" Penuh Sampah...

Kompas.com - 21/09/2018, 12:57 WIB
Heru Dahnur ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Sejak lama kondisi sungai Siburik Tanjungpandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, dalam kondisi penuh sampah serta menimbulkan aroma tak sedap.

Puluhan personel TNI dan pelaku usaha pariwisata pun dikerahkan untuk aksi bersih, Jumat (21/9/2018) pagi.

Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang mengatakan, sektor pariwisata Belitung bisa tercoreng lantaran alur sungai yang mengalir di tengah kota itu kondisinya tidak layak.

"Sungai bukan tempat sampah. Kita semua harus peduli dan peka terhadap Sungai Siburik ini," kata Indra.

Baca juga: Ternak Ikan Jadi Cara Bersihkan Selokan dari Sampah Kota Semarang

Dia mengungkapkan, saat aksi bersih ditemukan sampah yang menumpuk di sepanjang aliran sungai. Sampah itu terdiri dari sampah organik maupun nonorganik. Puluhan pipa limba rumah tangga juga mengarah ke dalam sungai.

Selain menimbulkan aroma tak sedap serta mengganggu pemandangan, sampah dari sungai dikhawatirkan memicu wabah penyakit. Pasalnya, di sepanjang aliran Sungai Siburik, terdapat pemukiman warga yang terbilang padat.

"Kalau kita lihat, sungai yang sekarang sudah tidak pantas lagi di tengah-tengah kota. Airnya sudah tidak bisa mengalir dengan adanya tumpukan sampah yang menyumbat," bebernya.

Baca juga: Menggarap Potensi Energi Listrik dari Sampah Perkotaan

Aksi bersih terpadu yang juga diikuti kepolisian dan pemerintah daerah diharapkan menjadi rutinitas, serta mendorong pengawasan agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai.

Adapun sampah yang dibongkar dari dalam sungai selanjutnya dievakuasi ke tempat pembuangan akhir.

"Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan ke tempat-tempat wisata dan aliran sungai lainnya yang ada di Belitung segingga menjadi Tanjungpandan bersih indah dan asri," ucapnya.

Sementara Lurah Parit Dalena Sari mengapresiasi Karya Bhakti Terpadu TNI yang merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial.

Sebagaimana diketahui kawasan Tanjung Kelayang Belitung masuk dalam rintisan kawasan ekonomi khusus pariwisata nasional.

Belitung selain terkenal dengan timah, juga populer dengan novel dan film Laskar Pelangi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com