Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Dioperasikan Penuh, Tarif Tol Palindra Berubah

Kompas.com - 20/09/2018, 18:36 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tarif tol Palembang-Inderalaya (Palindra) akan mengalami perubahan pada Jumat (21/0/2018) besok, setelah tol pertama di Sumatera Selatan tersebut resmi dioperasikan secara penuh.

Sejak difungsikan beberapa bulan lalu, tol Palindra yang memiliki panjang 22 kilometer itu menetapkan tarif sebesar Rp 6.000 untuk kendaraan di tol seksi satu. Sementara gerbang tol seksi dua dan tiga masih digratiskan untuk umum karena masih dalam proses finishing.

Kepala Operasional Tol Palindra, Darwan Edison mengatakan, perubahan tarif tersebut yakni dari seksi satu hingga seksi tiga. Besaran tarif tersebut untuk golongan satu dikenakan Rp 911 per kilometer yang sebelumnya Rp 781 per kilometer.

Selanjutnya, golongan 2 yang sebelumnya Rp 1.106 per kilometer kini menjadi Rp 1.367 per kilometer. Tarif golongan tiga mengalami penurunan dari Rp 1.497 per kilometer menjadi Rp 1.367 per kilometer. Harga yang sama diberlakukan untuk golongan empat dan golongan lima.

“Pemberlakukan mulai pada pukul 00.00 WIB dini hari nanti, karena tol Palindra sudah beroperasi secara penuh,” kata Darwan, Kamis (20/9/2018).

Baca juga: Baru Difungsikan 10 Hari, Tol Palindra Alami Peningkatan Jumlah Pengguna

Darwan melanjutkan, meski mengalami kenaikan, namun tarif tol Palindra sampai saat ini masih terbilang murah dibanding tarif tol di Pulau Jawa.

Selain itu, pihak pengelola tol Palindra akan memberikan pengumuman terkait kenaikan tarif tersebut agar para pengguna tidak terkejut.

“Dari catatan kita ada 14.000 kendaraan yang masuk ke sini sejak tol Palindra difungsikan. Dengan rincian, dari golongan 1 yakni sebesar 85 persen, sedangkan untuk non golongan 1, yakni sebanyak 15 persen. Untuk golongan 1 yakni kendaraan jenis pribadi, bus dan beberapa kendaraan kecil lainnya. Sedangkan untuk non golongan 1 yaitu truk atau kendaraan besar lainnya,” ujarnya.

Baca juga: H-9 Lebaran, Pengerjaan Jalan Tol Palindra Dikebut

Para petugas di tol Palindra pun, menurutnya, memberikan layanan ekstra kepada pengguna. Setiap petugas pintu gerbang akan siap untuk isi ulang saldo penggunaan, sehingga para pengguna tol Palindra tidak kebingungan jika kehabisan saldo.

“Pengemudi juga harus siapkan e-money sehingga tidak perlu berputar kembali,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com